17 June 2022, 19:04 WIB

Pemkot Cirebon Akan Kembangkan Kampung Wisata


Nurul Hidayah | Nusantara

Ist
 Ist
Ilustrasi desa wisata

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat berencana membangun destinasi wisata berbasis kawasan. Kampung wisata akan dibangun di setiap kelurahan di Kota Cirebon.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menjelaskan mereka menginginkan adanya kampung wisata di  masing-masing kelurahan di Kota Cirebon. "Kampung wisata bisa memanfaatkan kearifan lokal di masing-masing kelurahan," tutur Agus, Jumat (17/6).

Dari 22 kelurahan yang ada di Kota Cirebon, 14 kelurahan menurut Agus sudah menyampaikan konsep kampung wisata yang mereka inginkan. "Kita akan kembangkan," tutur Agus.

Dijelaskan Agus, kampung wisata ini merupakan langkah Kota Cirebon untuk membuat destinasi wisata berbasis kawasan. Untuk mewujudkannya, mereka juga telah mendatangkan orang yang ahli di bidangnya dan melakukan pendampingan kepada lurah yang akan membuat konsep kampung wisata di daerahnya.

Untuk mewujudkan wisata berbasis kawasan menurut Agus tidak perlu berfikir muluk-muluk. "Bisa dengan memanfaatkan kearifan lokal di masing-masing daerah," tutur Agus.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Dinas Budpar Kota Cirebon, Hanry David menjelaskan untuk mewujudkan wisata berbasis kawasan dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas dengan stakeholder terkait. "Baik kelurahan, LPM, penggerak PKK, hingga akademisi mengetahui hingga semuanya satu pemahaman," tutur Hanry.

Sehingga nantinya dalam pembentukan kampung wisata tidak terjadi perebutan baik yang  mengelola, berjualan, maupun menjami wisatawan. Dijelaskan Hanry, kampung wisata bukan kesempatan untuk menjual tiket, namun menjual paket.

"Jangan sampai toilet umum masih bayar. Untuk itu sinergitas perlu dibangun dalam membangun dan mengelola kampung wisata," jelasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT