17 June 2022, 16:43 WIB

Banjir Rob Terjang Permukiman Dusun Kalialo Sidoarjo


Heri Susetyo | Nusantara

MI/Heri Susetyo.
 MI/Heri Susetyo.
Banjir di Dusun Kalialo Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

BANJIR rob menerjang permukiman warga Dusun Kalialo Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Puluhan rumah warga terendam air dan para petambak merugi puluhan juta rupiah karena ikan dan udang mereka banyak yang hilang.

Dusun Kalialo memang sudah langganan banjir rob karena lokasinya hanya satu kilometer dari laut. Namun banjir rob kali ini beda karena lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Akibat banjir rob itu, puluhan rumah warga terendam air dengan ketinggian bervariasi antara 10 hingga 50 sentimeter. Aliran air masuk hingga ke rumah sehingga mengganggu aktivitas warga.
 
Ketua RW VII Dusun Kalialo, Slamet, mengatakan biasanya bila terjadi rob, genangan yang muncul tidak terlalu lama, karena air kemudian surut satu jam kemudian. Namun rob kali ini dirasakan warga berbeda, karena genangan air lebih tinggi dan tidak lekas surut.

"Biasanya kalau banjir rob terjadi, satu jam kemudian sudah kelihatan surut. Namun kali ini berbeda," kata Slamet, Jumat (17/6).

Baca juga: Pemberantasan Narkoba Sumut, Polisi Ungkap Jaringan Sarah di Labusel

Tidak hanya menggenangi rumah, rob juga membuat petani tambak merugi hingga puluhan juta rupiah. Pasalnya banyak ikan dan udang milik petani tambak yang hilang terbawa arus air. 

Padahal ikan dan udang yang hilang tersebut sebenarnya siap untuk dipanen. "Ada juragan tambak di sini merugi hingga Rp70 juta," kata Khozin, salah satu penjaga tambak. (OL-14) 

BERITA TERKAIT