16 June 2022, 19:55 WIB

UMKM dari 54 Kelurahan di Surakarta Pameran Bersama


Widjajadi | Nusantara

MI/WIDJAJADI
 MI/WIDJAJADI
Pameran yang diikuti UMKM dari 54 kelurahan di Kota Surakarta, Jawa Tengah


DINAS Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Jawa Tengah, menggelar pameran potensi UMKM tingkat kampung, mulai Kamis (16/6). Pameran di Puro Mangkunegaran itu akan berlangsung empat hari.

Meski diikuti UMKM tingkat kelurahan, pameran itu memberlakukan transaksi dengan sistem barcode. Mereka juga sudah menampilkan katalog produk.

"Pameran produk unggulan kelurahan ini pada setiap booth UMKM tersedia barcode, yang bila di-scan akan muncul katalog semua produk dari peserta pameran di gerai tersebut," ungkap Kepala Dinas KUKM, Wahyu Kristina.

Lewat pameran UMKM #SOLOBANGET, Pemkot Solo berharap, produk UMKM bisa cepat naik kelas.

"Dari pameran produk unggulan yang diikuti 54 kelurahan ini menjadi salah satu program Pemkot untuk memfasilitasi UMKM dalam mengembangkan usahanya, sehingga cepat naik kelas," kata Sekda Ahyani saat membuka pameran.

Pameran produk unggulan UMKM ini menghadirkan bermacam produk kreatif di antaranya hasil kerajinan kriya, batik, dan kuliner.

Dalam pameran, Pemkot Surakarta menggandeng Maleocomm sebagai event organizer. Para peserta juga mendapat penilaian dalam soal penampilan dan inovasi, untuk memacu kreativitas.

Para pengunjung yang datang bisa bertransaksi dengan pembayaran non tunai (QRIS) selain sistem pembayaran tunai. (N-2)

BERITA TERKAIT