16 June 2022, 12:50 WIB

Ganjar Ingin Wujudkan UKM Lebih Kuat Lewat LapakJateng.id


Haryanto | Nusantara

MI/Haryanto
 MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan platform LapakJateng.id di Hotel Sunan Surakarta, Rabu (15/6). 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meluncurkan platform LapakJateng.id di Hotel Sunan Surakarta. Dengan platform ini, Ganjar ingin mewujudkan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang lebih kuat.

"Kami pingin UKM benar-benar menjadi tulang punggung ekonomi berdikari. Jadi mereka adalah UKM Stronger, Anti Keder," kata Ganjar, Rabu (15/6/2022).

Ganjar mengatakan, platform ini bertujuan untuk memberikan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ruang berjualan. Selain itu, Ganjar menyebut LapakJateng.id juga menyediakan layanan feedback antara penjual dan pembeli.

"Setiap kali mereka jualan kita buka ruang feedback dari konsumen dengan sebuah harapan, catatan bahwa mereka akan memperbaiki kualitas. Termasuk kuantitas dan kalau jualan online mesti ada yang nungguin," katanya.

"Artinya kalau kemudian nanti pembeli merasa butuh after sales service-nya atau barangkali mau komplain ada alamat-alamat yang diperlukan untuk menjawab," sambung Ganjar.

Di samping itu, Ganjar meminta para UKM yang ingin berjualan di LapakJateng.id mengurus keperluan izin hingga komposisi produknya. Menurutnya, hal itu penting untuk kepuasan pembeli.

"Tentu saja yang jualan makanan diurus izinnya, BPOM-nya, IRT-nya, kadaluarsanya, ingredient-nya. Menurut saya catatan-catatan standar agar mereka bisa jualan dengan kualitas yang bagus," tuturnya.

Selain peluncuran LapakJateng.id, acara tersebut diwarnai dengan talkshow dan lelang seru. Diadakan juga Pelatihan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM beserta bantuan kemasan 100 buah senilai Rp1 juta.

Turut hadir dalam peluncuran Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, CEO Blibli Kusumo Martanto, Owner Batik Alam si Putri Putri Merdekawati, dan Perwakilan Koperasi Wanita Pandega Laili Hidayah.

Sebagai informasi, LapakJateng.id bekerja sama dengan aplikasi Blibli.com untuk memasarkan produk UKM yang ada di Jateng. Platform ini diharapkan bisa mewujudkan UKM yang mandiri dan berdikari.(OL-13)

Baca Juga: Sumbar Kembali Ekspor Cicak Kering

 

BERITA TERKAIT