15 June 2022, 21:27 WIB

Hujan Masih Guyur Babel, Warga Diminta Waspada Bencana Banjir


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MEdcom
 MEdcom
Ilustrasi 

MEMASUKI musim pancaroba, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi terus terjadi di wilayah Bangka Belitung (Babel). Masyarakat pun diingatkan untuk tetap waspada potensi bencana khususnya banjir.

Kepala badan penanggangan bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel. Mikron Antariksa mengatakan berdasarkan informasi BMKG wilayah Babel masih akan  diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga tinggi.

"Cuaca saat ini sulit di prediksi. Memang kita sudah memasuki musim kemarau tetapi hujan masih berpotensi terjadi," kata Mikron. Rabu (15/6).

Masyarakat khususnya yang tinggal di daerah genangan dan banjir untuk selalu waspada. "Kalau hujan sepertj sekarang ini, ditambah pasang air laut, sejumlah daerah kita terancam banjir,"ujarnya.

Ia menyebutkan daerah rawan banjir tersebut yakni Kota Pangkalpinang, Bangka, Belitung, Bangka Tengah, dan Muntok Bangka Barat. "Lima daerah kita ini kalau hujan lebat dj tambah pasang rob pasti banjir. Makanya kita minta selalu wapada," ungkap dia.

Selain itu, ia juga menambahkan masyarakat harus waspada dengan petir dan angin kencang saat hujan lebat. "Bukan hanya banjir daerah kita ini juga rawan akan petir dan angin  puting beliung setiap hujan lebat," imbuhnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT