15 June 2022, 20:05 WIB

Polda Jambi Sikat Puluhan Truk Batu Bara Beli BBM SPBU


Solmi | Nusantara

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Christian Tory (berdiri berkacamata) menangkap basah sejumlah truk pengangkut batu bara mengisi BBM di SPBU, Kota Jambi.

KEPOLISIAN Daerah Jambi bersikap tegas terhadap truk angkutan batu bara yang ngeyel masih melakukan mengisi bahan bakar minyak (BBM) solar bersubsidi di SPBU di wilayah Jambi. Petugas menindak 26 truk pengangkut batu bara bersama pengemudinya yang tertangkap basah mengisi solar bersubsidi di sejumlah SPBU di Kota Jambi dan Kabupaten Muarojambi sepanjang Selasa malam (14/6).

"Seharusnya mereka mengisi BBM nonsubsidi. Sudah jauh hari disosialisasikan. Ternyata masih ada kami temukan yang mengisi solar bersubsidi di SPBU. Kami tindak tegas, tidak hanya menilang pengemudinya. Pengusaha tambang batu bara yang terkait juga akan diambil tindakan melalui institusi berkompeten," kata Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Christian Tory di sela keiatannya mengawasi aktivitas sejumlah SPBU di Kota Jambi, Rabu (15/6).

Christian menjelaskan truk-truk yang ditindak merupakan pengangkut hasil tambang batu bara di Jambi. Dari pemeriksaan sementara terungkap armada bersangkutan tidak memiliki badan usaha dalam pengangkutan batu bara. 

Ada juga armada masih menggunakan DO (delivery order) yang tidak terikat kontrak dengan pihak pemegang izin usaha pertambangan (IUP). "Akan kami teruskan dengan menyurati Dirjen Minerba Kementerian ESDM untuk disarankan memberikan sanksi dan menindak tegas pihak penambang terkait sesuai aturan yang berlaku," papar Christian.

Baca juga: Perjuangan Devi Penderita Talasemia Divonis Hidup sampai 7 Tahun

BBM bersubsidi yang tersedia di SPBU untuk masyarakat umum, bukan untuk armada angkutan hasil tambang batu bara.
Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Minerba Nomor 4 tahun 2022.

"Kami turun ke SPBU untuk memastikan tidak ada lagi truk pengangkut batu bara mengisi BBM subsidi. Kami mengingatkan kepada petugas SPBU jangan kucing-kucingan melayani truk batu bara. Pengelola SPBU juga akan disanksi tegas," sebutnya kepada awak media di Jambi. (OL-14)

BERITA TERKAIT