14 June 2022, 17:20 WIB

Cuaca Buruk Masih Berpotensi Landa Kalsel


Denny S | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

CUACA buruk masih mengancam wilayah Kalimantan Selatan (kalsel). Sebanyak enam desa di Kabupaten Banjar dilanda puting beliung yang menyebabkan banyak rumah penduduk rusak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Mujiyat, Selasa (14/6), dalam laporan kebencanaannya menyebutkan bencana puting beliung terjadi Senin (13/6) petang di sejumlah daerah di Banjar. "Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras dan disertai kilat atau petir dan angin kencang masih menjadi ancaman di Kalsel," ungkapnya.

Tercatat sejumlah desa yang dilanda hujan deras disertai angin kencang meliputi, Desa Kayu Bawang, Desa Malintang Baru, Desa Guntung Ujung, Desa Keladan Baru, Desa Guntung Papuyu dan Desa Tambak Sirang Baru. Selain rumah penduduk, angin kencang juga merusakkan fasilitas umum seperti balai desa dan sekolah.

"Ada belasan rumah warga rusak dalam peristiwa angin puting beliung ini. BPBD Kabupaten Banjar melakukan crosscek data di lapangan untuk mempersiapkan bantuan logistik kepada korban terdampak," tutur Plt Kepala BPBD Banjar, Sufrianto.

Pada bagian lain, BMKG Kalsel juga menerbitkan peringatan dini cuaca buruk di wilayah perairan Kalsel dengan tinggi gelombang mencapai 2,5 meter. BMKG menghimbau kewaspadaan bagi pelayaran kapal nelayan dan kapal tongkang di wilayah tersebut. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT