13 June 2022, 21:13 WIB

BPBD Babel Ingatkan Potensi Bencana Saat Musim Pancaroba


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung  (Babel) Mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi bencana saat  cuaca ekstrem di musim pancaroba.

Kepala BPBD Provinsi Babel. Mikron Antariksa mengatakan sejumlah daerah di Babel masih berpotensi terjadinya cuaca ekstrem khususnya saat peralihan musim. Untuk itu, pihaknya menghimbau masyarakat waspada potensi bencana yang ditimbulkan seperti banjir, rob, gelombang tinggi, puting beliung, dan petir.

"Cuaca kita ekstrem, terlebih saat hujan deras. Petir dan angin kencang berpotensi terjadi. Ini harus diwaspadai," kata Mikron. Senin
(13/6).

Ia menyebutkqn cuaca ekstrem saat ini juga harus diwaspadai oleh para  penambang "Jika hujan deras dan petir, mohon untuk tidak menambang sebab tanah galian rawan longsor," ungkap dia.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau nelayan untuk waspada cuaca ekstrem di laut. "Sebelum melaut alangkah baiknya cari informasi cuaca dulu. Jika tidak memungkinkan, jangan melaut guna mengantisipasi kecelakaan laut," ujarnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT