13 June 2022, 19:25 WIB

Puslitbang Polri Lakukan Penelitian Peralatan Dalmas dan PHH di Polda Sulawesi Utara


Voucke Lontaan | Nusantara

MI/VOUCKE LONTAAN
 MI/VOUCKE LONTAAN
Tim Puslitbang Polri melakukan kegiatan evaluasi peralatan Dalmas dan PHH di Polda Sulawesi Utara


TIM Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang)  Polri melakukan penelitian dan supervisi peralatan Dalmas dan PHH di jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, Senin (13/6).

Penelitian kali ini terkait evaluasi peralatan Dalmas dan PHH Polri. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan Pemilu 2022.

"Kedatangan Tim Puslitbang Polri diketuai Sekretaris Puslitbang Polri Kombes FX Surya Kumara dan Kombes Sahrial M Said," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast.

Dikatakan, rangkaian kegiatan penelitian dan supervisi di Polda Sulut diawali dengan pembukaan sekaligus arahan Ketua Tim di Ruang Tribrata Mapolda, dirangkaikan pemutaran video company profile Puslitbang Polri.
 
Sementara itu Ketua Tim Supervisi Penelitian Puslitbang Polri Kombes FX Surya Kumara mengatakan, kegiatan ini dilakukan di 10 dari 34 Polda jajaran se-Indonesia.

"Penelitian dan supervisi salah satunya dilakukan di Polda Sulut dan jajaran. Jadi dalam rangka menjelang pengamanan Pemilu 2024, Puslitbang mengadakan penelitian dan supervisi peralatan khususnya Dalmas dan PHH Polri di jajaran. Untuk mengetahui apakah peralatan-peralatan tersebut siap digunakan dalam pengamanan Pemilu 2024 mendatang," ujar Surya Kumara.

Dia menambahkan, penelitian dan supervisi ini termasuk untuk mengetahui kondisi peralatan-peralatan yang sudah didistribusikan sebelumnya.

"Kami juga melihat kondisi terkini peralatan-peralatan yang pernah didistribusikan, apakah masih bagus atau sudah rusak. Kemudian apakah juga dipakai sekaligus dirawat dengan baik dan benar," jelas Surya.

Menurutnya, jika ditemukan peralatan yang sudah rusak maka hal ini akan menjadi bahan analisa dan evaluasi. "Sekaligus menjadi masukan, terutama di bagian pengadaan barang dan jasa. Nanti dianalisa dan dievaluasi, bagaimana dulu pengujian peralatan tersebut, jangan sampai peralatan yang diuji coba bagus dan yang dipakai tidak bagus."

Pada kesempatan itu seusai pembukaan dilanjutkan dengan penelitian mengenai peralatan Dalmas Direktorat Samapta Polda Sulut. Metode yang digunakan berupa pendalaman materi melalui pengisian kuisioner secara online oleh personel Direktorat Samapta sebagai responden.

Setelah itu, Tim Puslitbang Polri mengecek langsung peralatan Dalmas di kantor Direktorat Samapta Polda Sulut.
 
"Sesuai jadwal penelitian dan supervisi serupa akan berlangsung hingga Rabu (15/6), dengan objek penelitian lainnya adalah Satbrimob Polda Sulut dan empat Polres/ta jajaran yakni, Polres Bitung, Polres Minahasa Utara, Polres Tomohon, dan Polresta Manado," tambah Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast. (N-2)

BERITA TERKAIT