11 June 2022, 20:00 WIB

Tradisi Unik Jemaah Haji di Purwakarta, Dijemput Kendaraan Dinas Pemkab Purwakarta


Reza Sunarya | Nusantara

MI/Reza Sunarya
 MI/Reza Sunarya
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menutup kegiatan manasik haji bagi calon jemaah haji asal Kabuoaten Purwakarta

SEBANYAK 349 orang calon jemaah Haji asal Kabupaten Purwakarta, Jawa Tengah menyelesaikan bimbinganv manasik haji di Kantor Kementerian Agaman Kabupaten Purwakarta. Rencananya para calon jemaah haji asal Kabupaten Purwakarta akan diberangkatkan ke Embarkasi di Bekasi pada 27 Juni mendatang.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta mempunyai tradisi unik bagi calon jamaahc hajinya, calon jemaah haji akan dijemput dari rumahnya menuju step over untuk keberangkatan menggunankan kendaraan dinas milik Pemkab Purwakarta, termasuk kendaraan Dinas Bupati.

Calon haji dijemput dari rumah masing masing untuk diantarkan ke Tanjung gede Cilodong sebelum berangkat ke embarkasi Bekasi ke asrama haji menggunakan bis. Sepulang dari tanah suci para jemaah haji akan kembali dijemput kendaraan dinas.

"Dari airport ke Tanjung gede tanjung Gede kita antarkan langsung melalui mobil dinas atau plat merah yang dimiliki oleh para pejabat Pemda ini tradisi sudah bertahun-tahun dilaksanakan dan alhamdulillah bulan ini pun kita akan melaksanakan hal itu,". Kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.seusai menutup pelaksanaan Manasik Haji. Sabtu (11/6).

Baca juga : Sempat Kena PMK, 85 Persen Sapi di Bangka Tengah Telah Sembuh

Anne mengatakan, dengan dimajukannya keberangkatan dari embarkasi Bekasi yang semula pada pukul 08.00 pagi menjadi jam 06.00, maka dengan otomatis waktu penjemputan dari rumah calon jemaah haji akan dilakukan pukul 02.00 menuju Tanjung Gede Cilodong. Calon jemaah haji bisa melaksanakan salat tahajud dan salat Subuh kemudian di berangkatkan ke Embarkasi Bekasi.

Anne berharap, para calon jemaah Haji Purwakarta diberikan kesehatan baik secara fisik dan mental aerta sempurna dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji menurut syariat Islam, dan rukun-rukun haji dilaksanakan oleh para jemaah dengan sempurna serta pulang ke Indonesia menjadi haji mabrur dan mabruroh.

"kita mendoakan semoga para jamaah diberikan kesehatan, karena pelaksanaan jemaah haji ini selain lebih banyak fisik yang digunakan tetapi mental juga penting," pungkas Anne  (OL-7)

BERITA TERKAIT