09 June 2022, 18:11 WIB

Presiden Resmikan 3 Pelabuhan dan 1 KMP di Wakatobi


Andhika Prasetyo | Nusantara

Antara
 Antara
Presiden dan Ibu Negara tiba di Bandara Matohara, Wakatobi, Sulteng.

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu kapal motor penumpang (KMP) di Dermaga Rakyat Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Melalui upaya tersebut, Kepala Negara berharap mobilitas masyarakat dan logistik di kawasan semakin cepat dan mudah.

"Hari ini, tiga pelabuhan penyeberangan di KSPN Wakatobi, yaitu Pelabuhan Penyeberangan Kaledupa, Pelabuhan Penyeberangan Tomia dan Pelabuhan Penyeberangan Binongko, kita resmikan dan siap mendukung kegiatan masyarakat," ujarnya, Kamis (9/6).

Baca juga: Presiden Joko Widodo Blusukan di Kampung Nelayan Wakatobi

Berdasarkan data Kemenhub, tiga pelabuhan penyeberangan perintis itu sudah selesai dibangun pada 2021. Ketiganya memiliki panjang dermaga 82 meter, kedalaman kolam -5 meter, kapasitas sandar 1.000 GRT, tipe dermaga Dolphin dan tipe bongkar muat plengsengan.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi, sapaan akrabnya, juga meresmikan KMP Sultan Murhum II, yang akan beroperasi untuk melayani angkutan penyeberangan perintis. Kapal itu beroperasi sebanyak empat kali dalam sepekan.

Baca juga: Kunjungi Wakatobi, Presiden Tinjau Pameran Produk UMKM

KMP Sultan Murhum II merupakan kapal kedua yang beroperasi untuk melayani angkutan penyeberangan di Wakatobi. Kemenhub menyatakan kapal yang melayani tiga rute operasional itu diproduksi PT Industri Kapal Indonesia (Persero) Makassar.

Adapun moda transportasi yang dibangun dengan anggaran Rp39,3 miliar, memiliki kapasitas tampung 262 penumpang. Lalu, 26 kendaraan roda empat dan 16 truk berukuran sedang.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT