09 June 2022, 13:50 WIB

Bandung Jadi Kota Ramah Lansia


Naviandri | Nusantara

Antara
 Antara
Foto udara warga memadati alun-alun Masjid Raya Bandung di Jawa Barat.

KOTA Bandung resmi mendeklarasikan diri sebagai Kota Ramah Lansia pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tingkat Kota Bandung ke-26. 

Deklarasi Bandung Kota Ramah Lansia dibacakan Sekretaris Komisi Daerah Lansia Kota Bandung, Ati Anjarahman dan Ketua LLI Kota Bandung Lili Suwarli Abdullah. Deklarasi disaksikan langsung oleh Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan sejumlah tokoh lain.

"Deklarasi Bandung Kota Ramah Lansia ini sesuai Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 2 Tahun 2021 tentang Lansia. Sebagai Kota Ramah Lansia, Kota Bandung memiliki berbagai program pengembangan bagi lansia," ujar Yana, Kamis (9/6).

Baca juga: Erick Thohir Pastikan BUMN Hadir Untuk Kesejahteraan Lansia

Menurutnya, lansia juga berperan penting dalam pembangunan Kota Bandung. Pihaknya telah memiliki Komisi Daerah Lansia sejak 2017 dan berbagai upaya menyejahterakan lansia. 

Saat ini, Pemkot Bandung mengelola delapan sekolah lansia di delapan kecamatan. Rinciannya, Antapani, Sukajadi, Ujungberung, Cinambo, Lengkong, Bandung Wetan, Sumur Bandung dan Astanaanyar.

"Melalui sekolah lansia ini, kami memfasilitasi layanan kesehatan dan cara mengatasi masalah kesehatan di hari tua. Sehingga, orang tua bisa mengetahui tingkat kesehatannya dengan baik dan bertindak cepat," imbuhnya.

Di bidang transportasi, Pemkot Bandung juga memiliki program tarif Rp1 kepada lansia veteran. Berikut, membuka taman publik untuk lansia agar dapat beraktivitas dengan baik. 

"Dengan upaya yang kami lakukan, Kota Bandung bisa menjadi kota ramah lansia. Sebab, infrastruktur yang dibangun ini telah ramah lansia," jelas Yana.

Baca juga: 14,4 Juta Lansia Tuntas Divaksinasi Covid-19

Kepala Dinas Sosial Kota Bandung Tono Rusdiantono Hendroyono mengatakan deklarasi Bandung Ramah Lansia ini sebagai peringatan HLUN setiap 29 Mei.

"Peringatan HLUN ini dapat menjadi momentum bagi kita menjalankan amanat perda dan pemenuhan hak lansia. Kontribusi nyata pada perwujudan Bandung ramah lanjut usia," tutur Tono.

Kota Bandung dikatakannya telah memenuhi berbagai indikator sebagai kota ramah lansia. "Mulai insfratuktur kemudian fasilitas, juga regulasinya, kita ada perda juga. Ini semua menunjukan komitmen Pemkot Bandung kepada lansia," sambungnya.
(OL-11) 
 

BERITA TERKAIT