08 June 2022, 16:54 WIB

125 Guru PPPK di Lamongan Terima SK Pengangkatan


M Yakub | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Ilustrasi proses pengangkatan Guru PPPK menjadi ASN

SEBANYAK 125 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahap II Formasi 2021 Kabupaten Lamongan menerima SK pengangkatan dari Bupati Lamongan di pendopo Pemkab Lamongan, Rabu (8/6). Dengan demikian, jumlah guru PPPK yang telah dilantik totalnya mencapai 538 pegawai. Karena pada tahap I  jumlah pegawai yang dilantik sebanyak 413 orang.

Bupati Yuhronur Efendi mengingatkan agar ASN bertanggung jawab dalam setiap langkahnya termasuk bijak dalam bersosial media.

"Kita tahu sekarang zamannya medsos dan sekarang saat menjadi ASN berarti memiliki konsekuensi dan tanggung jawab kepada korpsnya," ungkap Bupati usai menyerahkan SK.

Bupati juga mengungkapkan, setelah menjadi bagian dari ASN, seluruh PPPK telah memiliki hak dan kewajiban menjadi seorang ASN.

"Selain mendapatkan hak, kita juga melakukan kewajiban yakni bertanggung jawab dalam mengemban amanah. Seluruh ASN diharapkan mampu mengamalkan dan mengimplementasikan core value 'BerAKHLAK' dalam setiap nafas dan pekerjaan yang dilakukan," ucapnya.

Core value 'BerAKHLAK' merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dalam implementasi yang pertama adalah Berorientasi Pelayanan, yang artinya setiap ASN/insan pelayanan publik diwajibkan untuk berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Baca juga:  Guru PPPK Statusnya Sama dengan Outsourcing

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Lamongan Sodikin menambahkan, penyerahan keputusan pengangkatan PPPK guru ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan. Pemerintah Kabupaten Lamongan mendapat alokasi sejumlah 538 formasi untuk 2021.

Menurutnya, seleksi PPPK guru telah dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahap l meluluskan 413 peserta dan tahap II meluluskan 125 peserta.

"Pada kesempatan kali ini peserta yang diangkat sebagai PPPK guru tahap II jumlah 125 peserta dengan rincian guru kelas sejumlah 101 peserta, guru PJOK sejumlah 2 peserta, guru agama islam sejumlah 19 peserta, guru TIK sejumlah 2 peserta, guru BK sejumlah 1 peserta," tutur Sodikin.(OL-5)

BERITA TERKAIT