08 June 2022, 11:20 WIB

Nihil Kasus Covid-19, BIN Tetap Akselerasi Vaksinasi di 20 Wilayah Aceh


mediaindonesia.com | Nusantara

dok.ist
 dok.ist
BIN Aceh terus mrnggencarkan vaksinasi covid-19 di 20 Kabupaten/kota

KASUS Covid-19 terus melandai seiring semakin meratanya kekebalan komunal di Indonesia. Di Provinsi Aceh misalnya, tidak ada penambahan kasus Covid-19 alias nihil.

Meski demikian, Badan Intelijen Negara (BIN) justru terus menggencarkan vaksinasi, baik untuk dosis primer dan terutama dosis booster. Vaksinasi digelar di 20 wilayah yang mencakup kota dan kabupaten secara serentak. 

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Aceh, Andi Roediprijatna W mengatakan, 
metode jemput bola yang diterapkan jajarannya masih sangat ampuh dalam mengebut capaian target. Dengan begitu, secara otomatis vaksinasi dosis primer dan booster dapat tersebar merata hingga ke seluruh wilayah.

"Mitigasi Covid-19 ini kita gencarkan menggunakan berbagai cara yaitu mulai dari membuka layanan vaksinasi di fasilitas umum, tempat ibadah, puskesmas hingga vaksinasi door to door dari rumah ke rumah warga. Ini kita lakukan supaya semua masyarakat baik yang ada di pelosok desa hingga perkotaan mendapat vaksinasi," ujar Andi Roediprijatna dalam keterangan tertulis, Rabu (8/6/2022).

Andi menerangkan, ikhtiar jajarannya dalam mengintensifkan vaksinasi berbuah manis, dibuktikan dengan terus melandainya kasus Covid-19 serta stabilnya wilayah Aceh  menyandang status zona hijau Covid-19.

"Kita bisa lihat, efektivitas vaksinasi sudah terasa manfaatnya bagi masyarakat dalam meningkatkan kekebalan imunitas bagi tubuh dan menguatkan antibodi dalam menekan penyebaran Covid-19. Ini bisa kita buktikan dari wilayah Aceh yang selama berminggu-minggu hingga saat ini masuk predikat wilayah bebas Covid-19," papar Andi.

Kabinda Aceh ini meyakini, penananganan pandemi yang semakin baik dan nihilnya kasus Covid-19 dapat mendorong pandemi menuju endemi dengan segera.

"Dengan berbagai indikator di provinsi Aceh yang terus membaik dan tidak adanya penambahan kasus Covid-19 selama sekian minggu, kami optimistis hal ini merupakan pertanda bahwa pandemi bisa  segera bertransisi menjadi endemi," imbuhnya.

Sebagai informasi, capaian target vaksinasi dosis satu di Aceh menyentuh 100,94 persen dan dosis dua yakni 77,73 persen. Selain itu, capaian target dosis tiga atau booster yaitu 16,84 persen. (OL-13) 

BERITA TERKAIT