08 June 2022, 10:55 WIB

Penutupan Pasar Hewan di Klaten Diperpanjang hingga 21 Juni


Djoko Sardjono | Nusantara

MI/Djoko Sardjono
 MI/Djoko Sardjono
Pasar hewan di Kabupaten Klaten ditutup kembali hingga 21 Juni 2022.

PENUTUPAN sementara seluruh pasar hewan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, diperpanjang 14 hari mulai tanggal 8 Juni sampai 21 Juni 2022. Perpanjangan penutupan pasar hewan kambing dan sapi itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Klaten No 524/313/26 tanggal 7 Juni 2022. Upaya ini untuk pencegahan penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak di Klaten.

Pasar hewan di Kabupaten Klaten tersebar di tujuh lokasi, yakni di Pasar Prambanan, Wedi, Bayat, Cawas, Pedan, Jatinom, dan Plembon (Klaten Utara).

Sebagaimana dilaporkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten, Widiyanti, Senin (6/6), kasus suspek PMK di Klaten meningkat.

Hingga awal pekan ini sebanyak 441 sapi yang dinyatakan suspek PMK dan 6 sapi yang positif. Penularan virus PMK hewan ternak ini sangat cepat.

Maka, penutupan lokasi jual beli (transaksi) hewan ternak kambing dan sapi itu diperpanjang selama 14 hari, dan akan diadakan evaluasi sesuai kebutuhan.

Perpanjangan penutupan sementara pasar hewan di Klaten berdasarkan PP 47 Tahun 2014 tentang pengendalian dan penanganan penyakit hewan.

Selain itu, mengacu SE Menteri Pertanian RI No 01/SE/PK.300/M/5/2022 tentang pengendalian dan penanggulangan PMK pada hewan ternak.

Dalam upaya pencegahan PMK, DKPP Klaten juga menurunkan tim dokter hewan dan para medik veteriner untuk memeriksa hewan peliharaan warga. (OL-13)

Baca Juga: Pasokan Obat PMK Tersendat, 6 Sapi di Lumajang Mati dalam Seminggu

BERITA TERKAIT