07 June 2022, 21:09 WIB

Mahasiswa KKNT UPNVJT Ikut Meriahkan Festival Bakcang di Kampung Pecinan Surabaya


Pierre Lavender | Nusantara

MI/Pierre Lavender
 MI/Pierre Lavender
Kontribusi Mahasiswa KKNT 79 dalam Festival Bakcang

MAHASISWA Kelompok 79 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPNVJT) ikut serta memeriahkan Festival Bakcang di Wisata Kampung Pecinan, Kelurahan Kapasan, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya.

Acara ini diselenggarakan pada Rabu (1/6), mulai pukul 18.00 WIB hingga selesai. Harga tiketnya Rp60.000 untuk satu orang yang sudah termasuk kupon masuk, voucher dinner dan gift.

Festival Bakcang atau Duan Wu Jie disebut juga sebagai Festival Twan Yang. Memiliki arti hari makan “Bak Cang” atau hari mendayung perahu “Peh Cun”. Twan Yang memiliki arti yakni ‘Twan’ bermakna lurus, terkemuka, terang, yang menjadi pokok atau sumber. Sementara ‘Yang’ artinya sifat positif atau matahari. Twan Yang adalah saat matahari memancarkan cahaya yang paling kuat.

Festival Bakcang merupakan acara rutin yang setiap tahunnya diadakan di Wisata Kampung Pecinan. Kata 'bakcang' sendiri berasal dari Bahasa Hokkien yang umum digunakan oleh kalangan Tionghoa-Indonesia. Bakcang merupakan beras ketan dengan isian yang berbeda dan dibungkus menggunakan daun bambu atau pandan. Berbagai acara yang dilaksanakan yakni makan kwecang bersama, musik elektone, pertunjukan barongsai serta Tatung dari Kalimantan Barat yang pertama kali hadir dan tampil di Surabaya.

Tidak hanya mengangkat adat dan tradisi kebudayaan Tionghoa, kegiatan ini pun dilakukan guna meningkatkan dan mengembangkan UMKM yang berada di Kawasan Wisata Kampung Pecinan. Tersedia berbagai macam kuliner yang dapat kita nikmati disini.

“Salah satu cara teman-teman KKNT 79 untuk memeriahkan acara Festival Bakcang dengan mempromosikan di setiap akun sosial media KKNT 79 dan sosial media milik pribadi," ujar Ketua KKN-T MBKM 79 UPN “Veteran” Jawa Timur Program Studi Administrasi Publik Vembika Fathan.

Baca juga: Pembangunan Kampung Wisata Arab & Pecinan di Cirebon Diajukan Lagi

Salah satu panitia acara Michael mengaku sangat bersyukur lantaran acara yang diselenggarakan menarik banyak tamu. Ia pun berharap teman-teman KKN-T MBKM UPN 'Veteran' Jawa Timur bisa membantu membangun Wisata Kampung Pecinan agar lebih dikenal oleh masyarakat luas terutama di Kota Surabaya.

"Mahasiswa apalagi anak muda jaman sekarang kan sudah pintar dalam bermain sosial media, seperti cara membuat video agar lebih menarik ditonton. Dengan begitu tentunya lebih mudah melakukan branding wisata kampung pecinan ini,” ujar Michael.(OL-5)

BERITA TERKAIT