07 June 2022, 19:30 WIB

SMA INS Kayu Tanam Buka Beasiswa Penuh Bagi 50 Siswa Sumbar


mediaindonesia.com | Nusantara

dok.ist
 dok.ist
Kegiatan siswa di SMA INS Kayu Tanam, Padang Pariaman

SMA INS Kayu Tanam membuka peluang beasiswa bagi 50 siswa berprestasi hingga 30 Juni 2022. Usai lulus tiga tahun, beasiswa dilanjutkan sampai perguruan tinggi, dengan target lulusan tersebut nantinya bisa masuk universitas lima besar (big five) Indonesia, seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Direktur INS, Drs. Hendrizal, mengatakan beasiswa tersebut adalah donasi dari pengusaha Minang, Ibu Nurhayati Subakat, dikenal sebagai pemilik Kosmetik Wardah.

"Beasiswa meliputi biaya hidup sebesar  Rp1,2 juta per bulan, selama tiga tahun di SMA, termasuk biaya penuh  saat melanjutkan S1," kata Hendrizal, dalam keterangan tertulisnya yang diterima, Selasa (7/6).  

Beasiswa Rp1,2 juta persiswa tersebut meliputi SPP, biaya makan, peralatan belajar, perpustakaan dan kesehatan. INS adalah lembaga pendidikan  bersejarah memupuk nasionalisme  didirikan menteri Pendidikan Indonesia, Muhammad Sjafe'i. SMA INS Kayu Tanam berakreditasi A, dengan 35 orang guru. Dalam waktu dekat akan  bekerjasama dengan perguruan tinggi  bimbingan belajar untuk meningkatkan kompetensi guru dan siswa.

Rekomendasi

Beasiswa SMA INS juga sudah beroleh rekomendasi Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Padang Pariaman.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, Drs. Abinul Hakim M.Si., mengajak  kepada walikota dan bupati di Sumbar memanfaatkan peluang tersebut dengan mendaftarkan siswa dari daerahnya.

"INS adalah sekolah berbasis Telenta dengan filosofi harmonisasi antara otak, tangan, dan hati, yang perlu didukung karena sangat sesuai dengan  visi kurikulum merdeka dalam pendidikan nasional kita,"  tegas Abinul Hakim, dalam rekomendasinya tanggal 2 Juni 22.

Abinul Hakim menjelaskan siswa akan dilibatkan pada  pendidikan berbasis proyek (learning based project) meliputi pertanian, peternakan, dan perikanan di lahar INS seluas 18 hektar.

Kadiskominfo kota Padang Panjang, Ampera Salim, menyambut antusias peluang beasiswa INS tersebut. "Saya akan sebarkan dan dorong semoga alumni SMP dan tsnawiyah kota Padang Panjang banyak yang lolos beasiswa INS ini," katanya secara terpisah.

Pendaftaran

Hendrizal menambahkan syarat utama diterima adalah lulus SMP/tsanawiyah berprestasi dan berekonomi kurang mampu. "Ini tahun pertama, dan penerimaan akan berlanjut  setiap tahun."

Adapun syarat pendaftaran adalah foto copi ijazah legalisir, surat kesehatan, rapor dan foto  diri yang lebih rinci dapat dilihat di website official INS Kayu tanam.

Di website dengan sambungan www.smainskayutanam.sch.id, tersebut, jelas Direktur INS, siswa juga bisa mendaftar secara online. Format dokumen dan ukuran serta tipe  dokumen disesuaikan dengan apa yang tercantum di sana. Peserta juga dapat menghubungi panitia pendaftaran yakni Ummul (081267789079),  Vita (082382340552), dan Rina (085668906629). (OL-13)

Baca Juga: Jokowi Sampaikan Rencana Pembangunan Indonesian House ke Menlu Saudi

BERITA TERKAIT