07 June 2022, 17:59 WIB

Flyover Sekip Ujung Palembang Ditarget Selesai Akhir 2023


Dwi Apriani | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

SETELAH lama direncanakan, proyek pembangunan flyover (jalan layang) Simpang Sekip Palembang direalisasikan. Hal itu ditandai dengan telah dilakukannya groundbreaking flyover Simpang Sekip Palembang, Selasa (7/6).

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, dengan dilakukannya groundbreaking flyover ini maka pembangunan sudah mulai dikerjakan. Sesuai rencana, flyover tersebut ditarget bisa selesai pada akhir 2023 mendatang.

"Cita-cita kita dalam mengurai kemacetan akhirnya bisa kita wujudkan, setelah terhambat akibat pandemi Covid-19. Dan kita bersyukur hari ini pembangunan flyover sudah bisa dimulai," kata Herman Deru.

Menurutnya, dengan adanya flyover yang menghubungkan Jalan Jenderal Basuki Rachmat dan Jalan R Sukamto tersebut, dapat menjawab keluhan masyarakat selama ini. Sebab, di kawasan tersebut kerap kali terjadi kemacetan terutama pagi dan sore hari.

Diakuinya, pengerjaan proyek flyover ini akan memakan waktu selama 21 bulan, yang mana ditargetkan rampung di akhir tahun 2023. "Saya minta kepada pihak kontraktor untuk memperhatikan mutu dan lalu lintas dalam pengerjaannya, karena lalu lintas di kawasan itu tetap ada meskipun ada pembangunan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Palembang, Budiamin menjelaskan bahwa pengerjaan proyek flyover Simpang Sekip ini mempergunakan dana SBSN sebesar Rp152 miliar.

Rinciannya, panjang dari proyek ini 660 meter dan meliputi 190 meter jembatan, dan memiliki 470 oprit. "Nanti panjang flyovernya dari depan BLPT hingga depan SPBU Jalan R Sukamto, yang mana panjang jembatan hanya 190 meter saja," jelasnya.

Sedangkan untuk lebar flyover ini selebar 18,40 meter dengan empat jalur dan dua arah. Budiamin berharap agar pembangunan flyover ini dapat mengurai kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut.

Ia mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang fokus untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi.

"Termasuk pembangunan infrastruktur di Sumsel. Dengan groundbreaking ini sebagai tanda dimulainya pembangunan Flyover Simpang Sekip Palembang," kata Budiamin.

Pembangunan proyek Flyover Simpang Sekip didasari karena pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan di Palembang. "Karena itu, dengan adanya pembangunan ini akan dapat mengurangi kemacetan yang terjadi di Kota Palembang dan diharapkan dengan adanya pembangunan flyover, di Jl Basuki Rahmat, R Sukamto, dan Amfibi ini dapat menguraikan kemacetan yang terjadi di kawasan tersebut selama ini," jelasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT