07 June 2022, 17:48 WIB

BBKSDA Sumut Lepasliarkan Dua Harimau Sumatera Di Taman Nasional Kerinci Seblat


Yoseph Pencawan | Nusantara

DOK BBKSDA Sumut
 DOK BBKSDA Sumut
BBKSDA Sumut melepasliarkan dua harimau sumatera di Taman Nasional Kerinci Seblat, Selasa (7/6). 

BALAI Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara melepasliarkan dua harimau Sumatera di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Selasa (7/6). Dua Harimau Sumatera yang dilepasliarkan bernama Surya Manggala dan Citra Kartini.

"Kedua satwa tersebut dilepasliarkan di dua lokasi yang berbeda di TNKS," ungkap Irzal Azhar, Plt Kepala BBKSDA Sumut.

Dia menjelaskan, pelepasliaran kedua satwa berusia 3,5 tahun ini utamanya bertujuan menghindari inbreeding atau kawin kerabat yang dapat menurunkan kualitas genetis keturunannya nanti. Sebelum dilepasliarkan, menurut Irzal, pada 3-4 Juni 2022 telah dilakukan beberapa langkah  persiapan, salah satunya adalah pemasangan GPS Collar yang bertujuan memantau pergerakan kedua harimau setelah pelepasliaran.

Data dari hasil pemantauan sangat penting sebagai bahan evaluasi dan pengelolaan harimau di habitat alaminya. Pengecekan kondisi kesehatan terkini terhadap kedua satwa itu juga dilakukan sebelum pelepasliaran.

Dari hasil pengecekan ini diketahui bahwa sebelum dilepasliarkan, Surya Manggala memiliki berat badan 122 kg, tinggi 75 cm dan panjang 251 cm. Sedangkan Citra Kartini memiliki berat 88 kg, tinggi 72 cm dan panjang 240 cm.

TNKS tercatat sebagai taman nasional terbesar di pulau Sumatra dengan bentangan wilayah seluas 13.750 km persegi. Kawasan TNKS beririsan wilayah dengan 14 kabupaten dan dua kota yang berada di Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatra Selatan. (OL-15)

BERITA TERKAIT