05 June 2022, 20:14 WIB

Pemkot Palembang Pantau Kenaikan Harga Komiditas Pangan


Dwi Apriani | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Telur ayam

HARGA sejumlah komoditas pangan di Kota Palembang, Sumsel, mengalami kenaikan harga yang signifikan. Terutama pada komoditi telur ayam, yang harga normalnya Rp19.000 per kilogram kini menjadi Rp26.000 per kilogramnya.

"Kami mendapati harga telur ayam yang cukup tinggi dari agen. Karena itu, kami menjual Rp26.000 kilogram. Ini sudah terjadi seminggu belakang," jelas Fandy Cristin, pedagang telur ayam di Pasar KM 5 Palembang, Minggu (5/6).

Harga beragam macam sayur mayur pun ikut naik. Mulai dari kangkung, wortel, kentang, buncis, bayam, hingga tomat. Rata-rata naik harga mulai dari Rp1.000 hingga Rp2.500.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Raimon Lauri mengatakan kenaikan beberapa bahan pokok dan sayur mayur memang terjadi di pasaran sejak satu pekan terakhir. "Saya sudah mengecek ke pasar tradisional langsung untuk memantau harga yang kabarnya naik, dan memang lagi naik, namun tidak terlalu signifikan," katanya.

Khusus telur memang masih menjadi perhatian pihaknya, sebab saat ini harga per kilonya mencapai Rp26.000. Raimon memastikan bahwa ketersediaan dari bahan pokok serta sayur mayur saat ini terbilang aman. Sehingga tidak terlalu mengkhawatirkan akan kekurangan stok atau tidak.

"Semuanya relatif aman dan ketersediaan ada, memang kalau harga ada naik sedikit ini akan kita cari masalahnya dimana," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT