04 June 2022, 09:05 WIB

Demi Pemerataan Vaksinasi, BIN Berlayar hingga Pulau Terluar Belitung


Rendy Ferdianayah | Nusantara

dok. BiN
 dok. BiN
BIN Daerah Babel berlayar hingga pulau terluar demi pemerataan vaksinasi covid-19

TIM Vaksinasi Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Bangka Belitung (Babel) harus menempuh perjalanan laut dan darat hingga hampir enam jam untuk mencapai Pulau Sumedang, lokasi kegiatan vaksinasi Covid-19 kali ini.

Pulau Sumedang merupakan pulau terluar dari Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang berada di wilayah Kabupaten Belitung. 

"Tim dari BIN Daerah Babel serta Pemda harus menunggu air pasang untuk bisa ke Pulau Sumedang. Dan sesampainya di sana, kita harus memilih lokasi yang memadai secara fasilitas listrik dan jaringan internet agar pendataan peserta tetap bisa dilakukan online. Akhirnya kita menggelar kegiatan vaksinasi di Teluk Gembira," papar Kepala BIN Daerah (Kabinda) Babel, Imam Santoso, Sabtu (4/6/2022).

Menurut Kabinda Babel, upaya menjangkau lokasi 4 T (terjauh, terdalam, terpencil, dan terluar) merupakan konsekuensi yang harus diambil oleh BIN demi pemerataan kekebalan komunal masyarakat. "Meski medan sangat menantang, kita akan terus menggencarkan vaksinasi dan tuntaskan hingga dosis booster," tegas Imam Santoso.

Capaian dosis booster di Babel memang perlu digenjot karena masih berada di angka 19,32 persen; terpaut jauh dibandingkan dengan capaian dosis pertama sekitar 96,83 persen dan kedua 82,19 persen.

Dengan sinergi semua stakeholder terkait, terutama Pemda dan Dinas Kesehatan, Kabinda Babel yakin semua target itu dapat dicapai.

"Dengan bersinergi, seberat apapun medan yang harus ditempuh, sejauh apapun lokasi, Insya Allah bisa kita capai. Ini karena kita memang berkomitmen  menjemput bola bagi masyarakat di wilayah 4T. Kebetulan geografi Provinsi Babel memang banyak memiliki wilayah seperti ini," lanjut Imam Santoso.

“Selain itu, Kabupaten Belitung telah dipilih menjadi tempat side event Presidensi G20 pada September mendatang sehingga kita juga bertekad dapat memenuhi standard kesehatan untuk perhelatan berskala internasional melalui kegiatan vaksinasi Covid-19,” terangnya.

Dalam kesempatan ini, Kabinda Babel sekaligus mengajak masyarakat untuk menuntaskan program vaksinasi Covid-19 guna memperkuat kekebalan komunal di daerah itu.

“Masyarakat agar menuntaskan program vaksinasi Covid-19 dengan mengikuti pemberian dosis lanjutan atau booster,” ujarnya. (OL-13) 

BERITA TERKAIT