03 June 2022, 12:15 WIB

Dinilai Sukses Bantu Ekonomi Masyarakat, Program Jember Berbagi Dilanjut


Mediaindonesia.com | Nusantara

Dok.Pemkab Jember
 Dok.Pemkab Jember
Bupati Jember Hendy Siswanto saat mengunjungi para pelaku UMKM.

RAMADAN  yang lalu menjadi titik awal terciptanya program Jember Berbagi yang diprakarsai oleh Bupati Kabupaten Jember Hendy Siswanto. Program Jember Berbagi ini merupakan program kelanjutan dari program Jember Hadir Untuk Rakyat (JHUR) yang dilakukan setiap Jumat dan Sabtu setiap pekan.

Dalam program itu Bupati Jember serta jajarannya hadir ke setiap kecamatan dengan menghadirkan para tokoh masyarakat seperti kyai, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), pelaku UMKM, para Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) serta perwakilan Kepala Desa untuk  berkomunikasi secara langsung perihal berbagai persoalan.

Baca juga: Presiden Bagikan Bansos di Empat Pasar di Surakarta
 
"Saat Ramadan Program Jember Berbagi kami lakukan, masih tetap dalam kegiatan JHUR. Hanya semangatnya dititikberatkan kepada semngat berbagi sesama, kegiatan ini sekaligus merupakan satu kesempatan untuk memberikan contoh tauladan  kepada masyarakat yang dimulai dari Pemerintahan Kabupaten terlebih dahulu untuk berbagi kepada masyarakat yang memang mereka perlu mendapatkan bantuan," jelas Hendy Siswanto.
 
Bantuan yang diberikan untuk Program Jember Berbagi adalah bantuan berupa sembako, BLT, bantuan untuk ibu-ibu hamil dalam hal pemenuhan asupan gizi termasuk pemenuhan gizi untuk anak-anak stunting. Untuk bantuan sembako, Pemkab Jember mendapatkan dukungan  dari para stakeholder serta para mitra kerja Pemkab seperti perbankan, koperasi serta komunitas. Salah satunya komunitas off-roader yang   membantu dalam hal penyediaan sembako dengan membagikan sendiri sembakonya kepada masyarakat.  

Bupati Hendy Siwanto menambahkan secara pribadi sejak 30 tahun lalu sampai saat ini melakukan kegiatan itu saat Ramadan untuk berbagi antar sesama dengan menyediakan takjil.
 
Secara manfaat kegiatan Program Jember Berbagi ini, Bupati jember H. Hendy Siswanto menyampaikan bahwa jelas Pemerintah Kabupaten Jember mengajak serta seluruh masyarakat yang memiliki rejeki lebih untuk berbagi kepada sesama sehingga masyarakat yang lain dapat merasakan kebahagiaan. Karena itu meski Ramadan sudah lama usah, kegiatan ini akan terus dilakukan kembali dalam Program Jember Hadir Untuk Rakyat (JHUR) sistem yang didalamnya sama dengan Jember Berbagi, namun kegiatan berbagi akan dilkukan seperti kepada para UMKM atau perusahaan yang belum memiliki SK, Nomor Induk Usaha (NIB), serta legalitas perusahaan yang para pelaku usaha kesulitan untuk mendapatkannya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT