02 June 2022, 12:10 WIB

BIN DIY Kebut Vaksinasi Booster agar Keluar Dari Pandemi


Ardi T Hardi | Nusantara

dok.humas BIN
 dok.humas BIN
Badan Intelejen Negara (BIN) menggiatkan vaksinasi booster covid-19 seperti di DIY agar segera keluar dari pandemi.

BERBAGAI upaya terus dilakukan Pemerintah untuk mendorong pandemi Covid-19 menjadi endemi. Salah satu caranya dengan melakukan percepatan vaksinasi hingga dosis booster. Seperti yang terus digalakkan Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut Kepala BIN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Brigjen Pol Andry Wibowo, pemberian vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster sangatlah penting peranannya dalam upaya kita keluar dari pandemi. Pasalnya, proses transisi dari pandemi ke endemi membutuhkan waktu yang panjang.

Ia menyebut, saat ini, semua indikator pengendalian penyakit massal ini telah sangat membaik dan stabil dalam waktu yang lama. “Peranan vaksinasi booster menjadi sangat penting untuk keluar dari pandemi," terang  Andry di sela kunjungan sentra vaksinasi BIN di Sleman City Hall, DIY, Kamis, (2/6/2022).

Selain sebagai bentuk mitigasi resiko pada pelonggaran sosial saat ini, mereka yang telah disuntik vaksin booster akan memiliki kekebalan yang meningkat tinggi dan durasi proteksinya jauh memanjang.

Jenderal bintang satu ini melanjutkan, vaksin booster bisa memberikan perlindungan lebih tinggi dibanding dua dosis sebelumnya. Jika penerima vaksin dosis ketiga terinfeksi di kemudian hari, vaksin booster bisa mencegah gejala, atau setidaknya mengurangi keparahan dan risiko.

Menurutnya, saat ini definisi dosis lengkap sudah harus bergeser ke pemberian dosis ketiga agar memberikan proteksi yang tinggi dan lama bagi penduduk.

"Kekebalan komunal itu memang dapat dicapai dengan vaksinasi dosis primer; tapi daya tahannya bisa menurun dan hilang sehingga dosis booster sudah menjadi kebutuhan kita saat ini," jelasnya.

Andry pun meminta masyarakat segera mendapatkan vaksinasi dosis ketiga tanpa memilih-milih jenis vaksin. Dia mengatakan, seluruh vaksin yang digunakan di Indonesia sudah memenuhi standard dan manfaatnya sama untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19.

Di sisi lain, masyarakat dapat memperoleh vaksinasi booster hingga ketiga secara gratis. "Mari yang belum booster segera lanjutkan. Karena booster memberikan proteksi yang lebih baik untuk diri dan lingkungan kita," tandasnya.

Percepatan vaksinasi yang digelar BIN DIY di Sleman City Hall digelar atas bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Pemerintah Daerah DIY dan beberapa stakeholder lainnya. (OL-13)

Baca Juga: Enam Warga Buleleng Terluka Serius Diserang Anjing Gila

BERITA TERKAIT