01 June 2022, 18:36 WIB

BIN Jateng Giatkan Vaksinasi Booster di 26 Kota/Kabupaten


Haryanto | Nusantara

MI/Lilik Darmawan
 MI/Lilik Darmawan
BIN Jateng menggencarkan vaksinasi covid dosis ketiga di 26 kota/kabupaten.

BASAN Intelijen Negara (BIN) semakin mengintensifkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster di Jawa Tengah. Dalam sepekan, sebanyak 112.500 dosis ditargetkan dalam gelaran vaksinasi di 26 kota dan kabupaten.

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jawa Tengah, Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan, vaksinasi booster merupakan tahap lanjutan dari dosis primer yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan memperpanjang masa kekebalan komunal masyarakat.

"Capaian kumulatif untuk dosis primer sudah mencapai 88 persen lebih. Dengan capaian tersebut, kami sudah harus juga menaikkan capaian vaksinasi booster, guna meningkatkan efektivitas vaksin yang sebelumnya sudah diberikan," ujar Sondi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/6)

Jenderal bintang satu ini memaparkan, vaksinasi yang selama ini digencarkan untuk menghadang laju penularan Covid-19 di Jateng berbuah manis. Hal ini terlihat dari angka kesembuhan Covid-19 di Jateng yang sangat tinggi.

"Penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali dan angka kesembuhannya pun semakin tinggi. Bukti tersebut bisa dilihat dari wilayah Jateng yang merupakan urutan keempat tertinggi soal kesembuhan Covid-19 di Nusantara," terangnya.

Kabinda Jateng ini optimistis mitigasi Covid-19 yang digencarkan jajarannya dapat mengakhiri pandemi Covid-19 pada waktunya. Berbagai indikator penanganan pandemi terus membaik. Termasuk pada rasio angka kasus baru atau positivity rate Covid-19 kini sudah stabil berada di bawah satu persen.

"Kami berharap, kasus positif yang semakin melandai dan angka kesembuhan Covid-19 yang tinggi, dapat terus berlanjut dan mengantarkan pandemi ini segera menuju endemi," imbuhnya.

Sebagai informasi, vaksinasi yang digelar secara serentak di 26 kota dan kabupaten se-Jawa Tengah meliputi Semarang, Purworejo, Wonosobo, Temanggung, Banjarnegara, Banyumas, Blora, Boyolali, Brebes, Grobogan, Sragen, Kebumen dan Kendal.

Selain itu, adapula Sukoharjo, Cilacap, Batang, Kudus, Purbalingga, Pati, Rembang, Wonogiri, Jepara, Pemalang, Magelang, Karanganyar dan Pekalongan. (OL-13)

BERITA TERKAIT