01 June 2022, 15:15 WIB

Puluhan Titik Panas Terpantau di Enam Kabupaten Bangka Belitung


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/Rudi Kurniawansyah.
 MI/Rudi Kurniawansyah.
Ilustrasi pemadaman karhutla.

PULUHAN titik panas (hot spot) yang diduga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit kembali berada di enam kabupaten di Provinsi Bangka Belitung (Babel), Rabu (1/6). Terdeteksi satelit ada 34 titik panas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel Mikron Antariksa mengatakan 34 titik panas tersebut tersebar di Bangka, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Bangka Barat, Belitung Timur, dan Belitung. "Sebaran titik panas ini merata, Bangka 9 titik, Bangka Tengah 6 titik, kemudian Bangka Selatan 8 titik, sedangkan Bangka Barat 7 titik, Belitung dan Belitung Timur masing-masing 2 titik," ujarnya.

Menurutnya, tingkat akurasi dari 34 titik tersebut mencapai angka 8. Ini berarti sudah mengarah terjadi karhutla. Namun pihaknya belum langsung memvonis itu karhutla.

Baca juga: Heboh, Kijang Liar Gunung Sawal Masuk Ruang Kelas SD

"Memang cuaca kita cukup panas. Makanya satelit memantau ada 34 titik. Kalau melihat angkanya memang mengarah ada karhutla. Namun untuk pastinya tim di kabupaten tersebut sudah melakukan pemantauan sekaligus pemadaman," terangnya.

Memasukin musim kemarau, pihaknya mengimbau masyarakat selalu waspada dan tidak membuka kebun dengan cara membakar karena dampaknya berbahaya bisa terjadi karhutla. "Kita tidak main-main yang berani membakar hingga terjadi karhutla akan kami tidak lanjuti ke proses hukum," tegasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT