28 May 2022, 08:35 WIB

Ratusan Rumah Masih Terendam Banjir di Tabalong


Denny S | Nusantara

MI/Denny Susanto
 MI/Denny Susanto
Banjir di Tabalong.

BANJIR hingga kini masih merendami ratusan rumah warga di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Cuaca buruk membuat daerah aliran sungai (DAS) bagian hulu Kalsel dalam kondisi siaga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Mujiyat, Sabtu (28/5), mengatakan sejumlah sungai meluap akibat kondisi cuaca buruk dalam beberapa waktu terakhir. "Ada tiga kecamatan di Kabupaten Tabalong yang dilanda banjir dengan jumlah warga terdampak hampir 300 keluarga," tuturnya.

Kondisi banjir terparah terjadi di Kecamatan Haruai, di mana ketinggian banjir merendam ruas jalan penghubung Desa Halong sampai Desa Nawin lebih satu meter sehingga akses jalan terputus dan tidak bisa dilalui. "Sebagian warga terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman," ujarnya.

BPBD Tabalong mencatat banjir melanda dua kelurahan di Kecamatan Murung Pudak, pusat kota kabupaten yaitu Kelurahan Belimbing Raya, Komplek perumahan Anugerah Regency dan Linda Regency, Kelurahan Mabuun, komplek CPI, komplek Maluyung dan samping mesjid Muhajirin (Jalan Pertamina).

Di Kecamatan Upau, sejumlah desa yang terdampak banjir yaitu Desa Kaong, Desa Pangelak dan Desa Kinarum. Beberapa lokasi terparah ketinggian banjir mencapai satu meter lebih, sehingga praktis tidak dapat dilalui roda dua dan roda empat.

Sementara banjir yang melanda Kecamatan Haruai, meluas ke Desa Marindi, Desa Wirang, Desa Halong dan Desa Nawin. Kecamatan Haruai merupakan daerah terparah dilanda banjir. Tidak hanya Kabupaten Tabalong, banjir juga meluas ke sejumlah daerah dataran rendah di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang secara geografis berada di bawah Kabupaten Tabalong. Bahkan sejumlah DAS yaitu Tabalong, Balangan dan Nagara saat ini dalam kondisi siaga. (DY/OL-10) 

BERITA TERKAIT