27 May 2022, 21:30 WIB

Antisipasi Hepatitis Akut, Pemkab Buleleng Siapkan Fasilitas Kesehatan


Ruta Suryana | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

PEMKAB Buleleng, Bali, telah menyiapkan fasilitas kesehatan di seluruh tingkatan, mulai dari dinas Kesehatan hingga puskesmas untuk mengantisipasi adanya kasus hepatitis akut. Upaya-upaya preventif terus dilakukan, begitu juga puskesmas diminta terus melakukan promosi Kesehatan dan sosialisasi untuk tetap hidup bersih dan sehat.

"Jika ada gejala yang mirip dengan gejala hepatitis akut bisa langsung dilaporkan ke puskesmas," ujar Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra usai menghadiri sidang paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Buleleng, Jumat (27/5).

Sutjidra juga mengatakan Rumah Sakit Umum Daerah Buleleng telah siap jika seandainya ditemukan kasus hepatitis akut di Buleleng khususnya untuk penyediaan kamar isolasi dan terapi terhadap pasien. Hal ini diperlukan mengingat hepatitis akut ini gejalanya hampir sama dengan hepatitis lainnya dan penyebabnya juga belum diketahui.

"Kita harus menyiapkan semuanya karena penyebab dari hepatitis akut ini  belum diketahui dan sedang dicari," ujar Sutjidra.

Sampai saat ini, lanjut Sutjidra, belum ditemukan kasus ataupun suspek dari hepatitis akut di Kabupaten Buleleng. Walaupun demikian, Wabup terus menekankan kepada masyarakat bahwa tindakan pencegahan menjadi hal yang paling utama dalam menghadapi segala jenis penyakit baik itu Covid-19, demam berdarah maupun hepatitis akut. (OL-15)

BERITA TERKAIT