27 May 2022, 20:40 WIB

Cuaca Ekstrem Berpotensi Terajadi di Bangka Belitung


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas 1 Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel) mengingatkan dalam beberapa pekan ke depan, cuaca ekstrem berpotensi terjadi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkapinang, Kurniaji mengatakan hingga tiga pekan ke depan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di sejumlah daerah di  Bangka Belitung. Cuaca ekstrem tersebut terjadi karena sebagian besar daerah sudah berada di periode transisi musim penghujan menuju musim kemarau atau dikenal dengan masa pancaroba.

"Pancaroba  masih akan berlangsung hingga pekan kedua pada Juni. Jadi sekitar tiga pekan ke depan baru akan berakhir," kata Kurniaji, Jumat (27/5).

Ia menyebutkan, potensi cuacaekstrem seperti hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat maupun puting beliung masih mengintai di beberapa daerah. "Potensi angin puting beliung juga cukup tinggi, seperti yang terjadi Rabu (25/5) di perairan Pantai Batu Belubang, Kabupaten Bangka  Tengah." terangnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT