26 May 2022, 18:33 WIB

Hujan Deras Berpotensi Guyur Banyumas, Waspadai Bencana Hidrometeorologi


Lilik Darmawan | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

BENCANA banjir dan pergerakan tanah masih terjadi di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng). Meski tidak ada korban jiwa, tetapi masyarakat di wilayah rawan bencana diminta untuk waspada.

Pada bagian lain Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap memberikan peringatan hujan deras untuk wilayah Banyumas dan Purbalingga.

Sementara itu Longsor di Banyumas terjadi di Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir. Di lokasi setempat, Selasa (24/5) malam sempat meluap Sungai Wanasri dan Ciaur meluap. Sehingga air menggenangi sejumlah rumah.

"Selain banjir, ada pergerakan tanah pada salah satu rumah milik warga. Selain itu, jembatan desa sepanjang 14 meter putus," kata Kepala Desa Cingebul Sugeng Riyadi, Kamis (26/5).

Menurutnya, meski saat sekarang sudah reda, tetapi masyarakat terus  diingatkan kemungkinan bencana susulan. "Jika masih ada hujan deras, ada kemungkinan masih bisa terjadi," ujarnya.

Sementara pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengungkapkan hujan lebat masih potensial terjadi di Banyumas dan Cilacap. "Di Banyumas, hujan deras berpotensi di 8 kecamatan. Yakni Sumbang, Kembaran, Sokaraja, Kalibagor, Purwokerto Selatan, Patikraja, Purwokerto Timur dan Purwokerto Utara," jelasnya.

Selain Banyumas, kabupaten yang perlu waspada adalah Purbalingga. Ada dua kecamatan yang potensial hujan deras yakni Padamara dan Kalimanah. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT