25 May 2022, 14:14 WIB

Tanggapi Pengaduan Masyarakat, Pemkab Dairi Hadirkan Sidumasda


Apul Iskandar | Nusantara

MI/Apul Iskandar
 MI/Apul Iskandar
 

UNTUK menanggapi pengaduan masyarakat yang ditujukan kepada pemerintah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Dairi menghadirkan aplikasi sistem informasi, yakni Sidumasda. Agar aplikasi yang ditujukan kepada setiap instansi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berjalan dengan baik, Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai pembuat aplikasi melakukan sosialisasi kepada OPD di Balai Budaya Sidikalang, Sumatra Utara, Senin (23/5). Sosialisasi tersebut dihadiri para Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Dairi yang digelar melalui zoom meeting.

Dalam sambutannya, Bupati Sidikalang Eddy Keleng Ate Berutu mengungkapkan berbagai keluhan dari masyarakat harus ditanggapi di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

Saat ini masyarakat yang berkeinginan untuk berdialog langsung dengan saluran komunikasi yang ada tidak lagi harus datang ke kantor dan sudah tidak ada lagi digunakan, oleh karena itu kata Eddy pemerintah harus buka jalur komunikasi dengan masyarakat.

“Ke depan kita harus cari saluran informasi yang kuat yang sifatnya pemerintahan. Saluran informasi publik sangat rawan untuk pemerintahan dan sangat sulit di kontrol sehingga banyak muncul ujaran kebencian,” ujarnya. 

Eddy mengatakan Pemkab Dairi menghadirkan saluran informasi Sidumasda sepenuhnya dikelola oleh pemerintah bertujuan sebagai tahapan awal dalam mensosialisasikan tentang Sidumasda sehingga dapat memaksimalkan penyebaran informasi kegiatan pemerintah.

“Yang paling pokok kesiapan SDM setiap OPD sehingga mampu merespon keluhan masyarakat setiap saat. Saya akan tegas kepada OPD yang tidak bisa merespon karena akan menjadi permasalahan bagi pemerintah. Kita akan sosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat paham. Inilah salah satu cara kita mengatasi keluhan yang diberikan kepada pemerintah,” tegas Eddy. 

Dalam kesempatan itu, Pemkab Dairi juga melaksanakan sosialisasi tentang layanan call centre 112.

Kepala Dinas Kominfo Dairi Aryanto Tinambunan menjelaskan ruang lingkup layanan dan penanganan  layanan call centre 112 diantaranya meliputi kebakaran, kecelakaan lalu lintas, bencana alam serta jalan rusak. (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT