24 May 2022, 17:07 WIB

Cuaca Buruk Diperkirakan Landa Perairan Selatan Jateng DIY


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk. Dalam dua hari mendatang, ketinggian gelombang di Samudra Hindia sebelah selatan Jateng dan DIY mencapai kisaran 4-5 meter.

Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Sawardi mengatakan bahwa pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur-Selatan. Kecepatannya mencapai berkisar 5-15 knot.
"sedangkan di daerah Indonesia bagian selatan dominan bergerak Timur-Tenggara dengan kecepatan angin 5-20 knot," jelasnya, Selasa (25/5).

Dikatakan Sawardi, dengan kecepatan angin tersebut membuat gelombang di Samudra Hindia sebelah selatan Jateng DIY meningkat. "Prediksinya gelombang tinggi antara 4-6 meter terjadi di selatan perairan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogyakarta. Karena itulah, kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada, terutama nelayan," ungkapnya.

Menurutnya, perahu nelayan dan tongkang harus waspada, karena gelombang masih tinggi. Berdasarkan prakiraan, kondisi cuaca buruk masih akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT