23 May 2022, 21:04 WIB

Lima Burung Di Lembang Park and Zoo Senilai Rp250 Juta Raib Digondol Pencuri


Depi Gunawan | Nusantara

MI/Depi Gunawan
 MI/Depi Gunawan
Polisi melakukan identifikasi terkait hilangnya beberapa koleksi burung di objek wisata Lembang Park and Zoo, Senin (23/5).

KOLEKSI burung di objek wisata Lembang Park and Zoo, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, senilai Rp250 juta raib, Senin (23/5). Kasus tersebut sudah dilaporkan kepada pihak berwajib.

Beberapa satwa yang dilaporkan hilang di antaranya dua ekor burung Macau Blue and Gold, satu ekor burung Scarlet Macaw, satu ekor Nuri Bayan Betina dan Kakaktua Goffin.

"Lima ekor burung hilang, tiga burung hewan tidak dilindungi sementara dua ekor burung lainnya dilindungi," kata kokter hewan di Lembang Parkir and Zoo, Lutfi.

Wakapolres Cimahi, Komisaris Niko N Adiputra mengaku pihaknya sudah menerima laporan kehilangan koleksi satwa di Lembang Park and Zoo. Polisi sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). "Benar ada beberapa burung yang hilang," ucap Niko.

Sejauh ini berdasarkan olah TKP, pihaknya belum mengetahui bagaimana cara pelaku masuk dalam aviary atau kandang burung yang dikunci gembok. "Tetapi, gembok yang digunakan untuk mengunci kadang burung ternyata hilang," kata Niko.

Menurut dia, pihak manajemen belum bisa memastikan kapan waktu kejadian. Namun berdasarkan keterangan saksi, sejumlah pekerja masih berada di sekitar kawasan wisata hingga Minggu (22/5) sekitar pukul 19.00 WIB.

"Tetapi pada Senin (23/5) pagi beberapa burung sudah hilang alias sudah tidak ada di dalam kandangnya. Kami belum memastikan bagaimana pelaku menjalankan aksinya. Kita masih kumpulkan barang bukti," ungkapnya.

Belasan saksi sudah diperiksa polisi mulai dari keeper, helper, dokter hewan termasuk pihak keamanan untuk menyelidiki kasus pencurian satwa tersebut. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT