22 May 2022, 18:54 WIB

Hari Ini, Gubernur Lampung Lantik Tiga Penjabat Bupati


Cri Canon Ria Dewi | Nusantara

Dok. MI
 Dok. MI
Gubernur Lampung melantik tiga penjabat bupati pada Minggu (22/5) ini.

GUBERNUR Lampung Arinal Djunaidi melantik dan mengambil sumpah tiga kepala dinas menjadi penjabat (Pj) bupati, yakni Pringsewu, Mesuji dan Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Pelantikan berlangsung di Balai Keratun, Kompleks Perkantoran Gubernur Lampung, pada Minggu (22/5) ini. Pejabat yang dilantik ialah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar sebagai Pj Bupati Mesuji.

Lalu, Kepala Bapenda Lampung Adi Erlansyah sebagai Pj Bupati Pringsewu. Berikut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tertinggal (PMDT) Lampung Zaidirina sebagai Pj Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Baca juga: Jokowi Minta Jangan Tergesa-Gesa Bahas Capres 2024

Mereka menggantikan para bupati dan wakilnya yang telah habis masa jabatannya, yaitu Sujadi dan Fauzi (Pringsewu), Saply dan Haryati Cendralela (Mesuji) dan Umar Ahmad dan Fauzi Hasan (Tubaba).

Pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.18-1228 Tahun 2022, Kemudian Nomor : 131.18-1229 Tahun 2022 dan Nomor 131.18-1230 Tahun 2022, Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Pringsewu, Penjabat Bupati Mesuji, dan Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung.

“Kegiatan hari ini pemenuhan atas ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengisian kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah Mesuji, Tulang Bawang Barat dan Pringsewu, yang habis masa jabatannya pada 22 Mei 2022,” ujar Arinal dalam pidatonya.

Sementara, tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang habis masa jabatannya pada 2022, 2023 dan 2024, akan dilaksanakan bersamaan dengan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Baca juga: Sidang Pengujian UU Otsus Papua Masuk Tahap Akhir

Selain melantik dan mengambil sumpah jabatan, juga dilakukan serah terima jabatan dari bupati yang telah habis masa jabatannya kepada Pj bupati. Arinal pun mengapresiasi bupati dan wakil bupati yang telah selesai masa jabatannya.

"Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan daerah Mesuji, Tulang Bawang Barat dan Pringsewu, merupakan hasil kerja keras, buah pemikiran, cipta, rasa dan karsa yang telah saudara-saudara curahkan," imbuhnya.

Kepada penjabat bupati yang baru dilantik, Gubernur meminta untuk segera menyesuaikan diri. Serta, menetapkan dan mengambil langkah yang diperlukan dalam menjaga harmonisasi daerah. Tidak kalah penting, menjaga kondusivitas kehidupan masyarakat dan merealisasikan pembangunan.(OL-11)

BERITA TERKAIT