20 May 2022, 21:40 WIB

Babel Larang Masuk Sapi Potong Asal Jatim Dan Aceh


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

UNTUK mengantisipasi terus mewabahanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) untuk sementara melarang masuknya sapi potong asal Aceh dan Jawa Timur (Jatim).

Kebijakan ini diambil pasca Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan ada dua daerah yakni satu Kabupaten di wilayah Aceh dan satu lagi Kabupaten di wilayah Jawa Timur sedang dilanda wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Babel Edi Rumdhoni mengatakan meski demikian, demi menjaga tidak terjadinya kelangkaan daging sapi. Babel tetap membuka masuknya sapi potong dari daerah bersih dari PMK.

"Kalau daerah bersih silahkan masuk, tetapi harus ada surat jesehatan hewannya, kemudia  harus karantina 14 hari. Kecuali untuk potong kami rekomendasikan langsung," kata Edi, Jumat (20/5).

Edi merinci, kebutuhan konsumsi daging sapi di Babel mencapai 1.000 ekor sapi atau sekitar 35 ekor setiap harinya. Menurut catatan, per 19 April 2022, sebanyak 1.784 sapi terpapar PMK, sembuh 214 ekor dan mati 3 ekor.

"Terpapar PMK ada di wilayah kami. Tapi kesembuhan juga tinggi, mencapai 40 persen. Dan rekap kesembuhan malah sudah mencapai 60 persen," ucap dia. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT