19 May 2022, 18:10 WIB

13 Warga Cilacap Meninggal Akibat DBD, Pemkab Intensifkan PSN


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi

PEMKAB Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengintensifkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal itu dilakukan karena kasus demam  berdarah dengue (DBD) meningkat dan menyebabkan 13 warga meninggal.

"Upaya yang dilakukan adalah menjaga kebersihan, mulai dari lingkungan tinggal.Kegiatan PSN juga harus diintensifkan," kata Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pada Kamis (19/5).

Dijelaskan Bupati, Pemkab Cilacap telah melaksanakan PSN di sejumlah  daerah salah satunya di Kelurahan Lomanis pada Rabu (18/5). PSN  melibatkan para siswa SD di kelurahan setempat.

Lurah Lomanis, Wahyu Indarto mengatakan ada tiga warga kelurahan setempat yang meninggal karena DBD. "Karena itu digelar sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Kemudian dilaksanakan PSN dan mengubur benda-benda yang berpotensi menimbulkan genangan," ujarnya.

Wahyu menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan tetap melaksanakan  protokol kesehatan serta  melakukan vaksinasi covid-19 untuk mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

"Kami optimis melalui program kewaspadaan penyakit menular serta dilaraskannya dengan program Bangga Mbangun Desa pilar kedua dapat dijadikan solusi mencapai kualitas hidup yang lebih baik dan lebih sehat," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT