19 May 2022, 09:10 WIB

Kata Survei Elektabilitas Nasdem di Sidoarjo Bisa Naik, Masak?


Heri Susetyo | Nusantara

MI/Heri Susetyo
 MI/Heri Susetyo
Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Kabupaten Sidoarjo, 

LEMBAGA survei Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Kabupaten Sidoarjo.

Salah satu hasil survei tersebut memuat tentang peta pemilih dari partai politik terhadap kandidat calon bupati Sidoarjo. Ada tiga nama yang disodorkan kepada para responden yaitu Bambang Haryo Soekartono (BHS), Ahmad Muhdlor Ali dan Hudiono.
 
"Kalau dilihat dari peta pemilih dari PKB 19,2 persen memilih BHS, dan Ahmad Muhdlor 69,1 persen. Dan yang menarik ini pemilih dari Partai NasDem 95,8 Memilih Gus Muhdlor," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Sidoarjo, Rabu sore (18/5).
 
Sedangkan pemilih dari Partai Demokrat, Gerindra dan Golkar mayoritas menjatuhkan pilihannya pada Bambang Haryo Soekartono. Sementara Ahmad Muhdlor mendapat dukungan pemilih dari PKS yang mencapai 40,7 persen. Dan pemilih PAN lebih banyak mendukung Hudiono 41,2 persen.

Baihaki menambahkan survei ini juga menunjukkan elektabilitas Nasdem naik. Dari sebelumnya (Januari) 4,2 persen dan pada (April) meningkat 4,6 persen.

"Salah satu faktor elektabilitas partai ini (Nasdem) mengalami kenaikan, karena pemilihnya konsisten mendukung Gus Muhdlor," kata Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada bulan Januari dan April 2022 dengan multistage random sampling dengan melibatkan 400 responden. Dengan margin of error sebesar 5%, dan tingkat kepercayaan 95%.

Berikut hasil survei elektabilitas parpol di Sidoarjo:
PKB 16,2%, PDIP 12,7%, Gerindra 11,9 %, Golkar 10,6 %, PAN 7,2 %, PKS 6,9 %, Nasdem 4,6 %, Demokrat 5,1 %, Gelora 1,2 %, Perindo 1,5 %, PPP 1,4 %, Hanura 1,9 %, Tidak menjawab/tidak tahu 18,8 %. (OL-13)

Baca Juga: Plt Wali Kota Pematangsiantar Minta ASN Berperan Aktif Sosialisasi 3 M Plus Cegah DBD

BERITA TERKAIT