18 May 2022, 10:51 WIB

Polres Flotim Evakuasi Penumpang KM Sirimau yang Kandas di Selat Witihama


Fransiskus Gerardus | Nusantara

Metro TV/Fransiskus Gerardus
 Metro TV/Fransiskus Gerardus
Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika bersama Anggota Dit Pol Air Polda NTT, menuju Lokasih kandas KM. Sirimau.

KEPOLISIAN Resor (Polres) Flores Timur langsung bergerak menuju lokasi KM Sirimau yang kandas di Selat Witihama, Kabupaten Flores Timur, tidak jauh dari wilayah Ile Ape, Kabupaten Lembata, Rabu (18/5).

Kapolres Flores Timur AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika mengatakan, setelah menerima informasi, pihaknya langsung meluncur untuk mengevakuasi penumpang menggunakan kapal KP XXII - 2004 milik Dit Pol Air Polda NTT.

"Hari ini, Polres Flotim menuju lokasi Kapal Sirimau  yang karam di Selat Witihama. Kita sudah komunikasikan dengan Pemda melalui BPBD Flores Timur," ujar Kapolres kepada wartawan saat hendak bertolak menuju lokasi kejadian, Rabu (18/5).

Baca juga: Lagi, Empat Karyawan BPR Larantuka Diadukan Nasabah ke Polisi

Ia menambahkan, evakuasi penumpang oleh Polres Flotim dibantu sejumlah personil Dit Polda NTT. 

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga sudah berkoordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Flores Timur untuk menyediakan Ambulans Laut.

"Kami sudah kordinasikan dengan Pemda untuk bantu ambulans, takutnya ada penumpang yang sakit dan butuh pertolongan segera," ujarnya.

Selama 15 menit perjalanan, tim evakuasi merasakan terjangan gulungan arus gonsalu. Tiba di lokasi, evakuasi langsung berjalan di bawah komando kapolres Flotim.

Ia melanjutkan, evakuasi penumpang mengutamakan ibu hamil, anak-anak, lanjut usia, dan orang sakit, khusunya penumpang yang lebih rentan.

"Kita khawatir ada ibu hami, anak-anak, dan orang sakit. Makanya mereka kita evakuasi lebih dulu," imbuhnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT