17 May 2022, 09:25 WIB

Dukungan Ganjar Jadi Presiden Meluas hingga ke Desa di Sumsel


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Dukungan untuk Gubernur Jateng Ganjar Pranowo kali ini datang dari relawan desa untuk Ganjar Pranowo atau Des Ganjar di Provinsi Sumsel.

GANJAR Pranowo terus mendapat dukungan dari masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) agar menjadi Presiden 2024 mendatang. Dukungan untuk Gubernur Jawa Tengah itu kali ini datang dari relawan desa untuk Ganjar Pranowo atau Des Ganjar di Provinsi Sumsel.

Deklarasi diikuti oleh ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari perwakilan 17 Kabupaten/Kota di Sumsel.

Menurut Kordinator Wilayah Des Ganjar Provinsi Sumatra Selatan, Widarlono, deklarasi dihelat karena adanya aspirasi dari warga yang menilai Ganjar akan merupakan sosok peduli kepada semua lapisan masyarakat, terutama masyarakat desa.

Kepedulian Ganjar, kata Widarlono, dibuktikan dengan Ganjar telah memperjuangkan Undang-Undang Nomor 6 tahun 2015 tentang Desa. Kala itu, Ganjar masih menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI.

"Beliau berjasa bagi desa, ketika di DPR RI sudah menjadi inisiator dan menjadi inspirasi terciptanya Undang-Undang Desa, yang alhamdulillah muaranya pembangunan dari desa ke kota," kata Widarlono di Bukit Seguntang, Kelurahan Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Provinsi Sumsel, Senin (16/5/2022).

Ia menilai Ganjar akan mampu meneruskan perjuangan Presiden Joko Widodo dalam mensejahterakan rakyat Indonesia. Bambang pun  mengajak kepada masyarakat agar mendukung Ganjar menjadi presiden di 2024.

"Pak Jokowi sudah bagus membangun desa, Insya allah Pak Ganjar akan lebih membesarkan lagi kemakmuran desa, dan Indonesia pada umumnya," ujarnya.

Selain deklarasi, ada juga ziarah ke sejumlah makam raja Palembang yang berada di Bukit Seguntang. Ziarah dilakukan oleh rombongan Wargiyati dan Widarlono beserta para relawan.

Menurut Widarlono, ziarah dilakukan untuk mencari keberkahan dan ridho Allah SWT. "Ini manifestasi untuk mengingatkan, kita Sumsel ada ya inilah sejarahnya, raja-raja Sriwijaya," imbuhnya.

Sementara itu, tokoh relawan Desa Ganjar Sumsel, Bambang Karyanto, menilai Ganjar sebagai sosok yang cerdas, humanis dan pintar segala UU. "Orangnya cerdas, saya kenal betul wataknya, dia ahli di Undang-Undang apapun, saya pernah bergabung, beliau tutorial ke kita," tuturnya.

Bambang berharap kepada Ganjar apabila nanti  menjadi presiden, bisa membawa ketenangan, kedamaian dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. "Petani-petani di Sumatera selatan terutama petani karet, kopi, sawit, itu penghasilannya meningkat, itu saja tidak muluk-muluk," ujarnya.

Ketua Dewan Pengarah Des Ganjar Nasional, Wargiyati, menambahkan, Ganjar telah terbukti di Jawa Tengah peduli kepada masyarakat desa. Sehingga, deklarasi di setiap provinsi sebagai ajakan untuk mendukung Ganjar supaya warga desa di Indonesia lebih sejahtera apabila Ganjar jadi presiden.

Dia menyebut hampir 70 ribu desa ada di Indonesia, maka apabila desa sejahtera, Indonesia akan berjaya. "Harpaanya kita doakan Pak Ganjar sehat selalu, lancar semuanya," kata dia.

Deklarasi dimeriahkan juga oleh Tarian Ya Saman, Tariqn Zapin, Tariqn Gending Sriwijaya dari Sanggar Puteri Kembang Dadar. Selain itu, ada juga kegiatan borong produk UMKM oleh panita. Makanan itu kemudian dibagikan secara gratis. (OL-13)

Baca Juga: Libur Waisak, Pengunjung Objek Wisata Sleman Lebih Tinggi Dibanding Puncak Libur Lebaran

BERITA TERKAIT