16 May 2022, 09:55 WIB

Asal Tali Pengikat Leher Bendahara Bupati Lembata Masih Misteri


Alexander P. Taum | Nusantara

dok.medcom
 dok.medcom
Ilustrasi

PASKA ditemukannya Albertus Ali Buran, Bendahara Bupati dan Wakil Bupati Lembata, Nusa Tenggara Timur meninggal dunia dalam kondisi tergantung di pohon, kasak kusuk tentang asal muasal tali yang menjerat leher korban terus mengemuka.

Pihak keluarga menemukan fakta, tali berwarna hijau yang mengikat leher korban, dengan bentuk dan ukuran serupa, ternyata tidak dijual di Toko Budi Mulia, di Waikomo, Kelurahan Lewoleba Barat. Sebelumnya, beredar isu, korban membeli sendiri tali tersebut di toko Budi Mulia.

"Kami sudah telusuri informasi tali tersebut dibeli korban di Toko Budi Mulia, tetapi pemilik toko sendiri mengaku tidak menjual tali jenis itu. Pihak pemilik toko sendiri, meminta keluarga untuk mengecek rekaman CCTV, pada hari Minggu, 8 Mei 2022 dan Senin, 9 Mei 2022. Namun, pada hari-hari sebelum kematian itu, almarhum tidak pernah masuk ke Toko Budi Mulia untuk membeli tali," ujar Tonce Buran, adik korban, kepada mediaindonesia.com, Senin (16/5/2022).

Baca Juga: Bendahara Bupati Lembata Ditemukan Gantung Diri di Pohon

Ia menandaskan, pihak Toko Budi Mulia mengaku, Alber Buran pernah ke tokonya satu pekan sebelumnya untuk membeli pulsa listrik  senilai Rp1 juta. Pulsa listrik itu untuk dipergunakan di Rumah Jabatan Bupati Lembata.

Fakta serupa didapati keluarga di toko milik Ege Rada di Waikomo. Ege Rada juga mengaku tidak menjual tali tersebut. Almarhum juga, sebut Ege Rada, tidak pernah datang untuk membeli tali menjelang kematian mengenaskan itu.

Sebagaimana diketahui, ASN di lingkup Setda Kabupaten Lembata itu ditemukan dalam kondisi tewas tergantung di pohon di hutan Eto, Desa Nubamado, Kecamatan Nubatukan,Kabupaten Lembata.

Kematian Bendahara Bupati Lembata, Selasa 20 Mei 2022 itu memunculkan beragam spekulasi ia dibunuh, bukan bunuh diri.

Keluarga menaruh harapan, pihak kepolisian  di Lembata mampu menjawab spekulasi dan isu yang terus merebak belakangan, sekaligus memberi kepastian hukum atas kasus tersebut. (OL-13)

baca juga: Pelaku Pembunuhan Sadis di Padalarang Ditemukan Tewas Gandir

BERITA TERKAIT