13 May 2022, 17:31 WIB

Cegah Erosi, Bantaran Tukad Badung Ditanami Pohon Bambu


Ruta Suryana | Nusantara

MI/Ruta S
 MI/Ruta S
Pegawai Kelurahan Pemecutan melakukan kebersihan lingkungan dengan memungut sampah plastik dan menanam bambu

GUNA mencegah terjadinya erosi di Tukad (sungai) Badung, Kelurahan Pemecutan, Denpasar, dilakukan penanaman pohon bambu di areal bantaran sungai tersebut, Jumat (13/5). Penanaman pohon ini mengambil momentum Hari Tumpek Wariga yang jatuh pada Sabtu (14/5).

Lurah Pemecutan Ida Bagus Agung Upawana Manuaba mengatakan berkaitan dengan Hari Tumpek Wariga, selain menanam pohon, pihaknya juga melakukan kegiatan pemungutan sampah plastik.

"Karena kondisi bantaran sungai yang kurang baik akibat tergerus arus sungai, kami melakukan penanaman pohon bambu. Itu berdasarkan hasil konsultasi dengan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Denpasar beberapa hari yang lalu bahwa akar bambu terbukti cukup kuat untuk menahan laju erosi arus sungai sehingga harapannya bantaran sungai bisa terselamatkan," kata Ida Bagus Agung.

Baca juga: Padang Lamun untuk Penyelamat Erosi dan Turisme Pantai

Selain menahan erosi, dengan penanaman pohon bambu ini juga warga bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari serta sebagai produsen udara yang bersih.

Tumpek Wariga khususnya di Bali adalah jenis upacara yang dilaksanakan untuk memohon keselamatan terhadap lingkungan hidup khususnya tumbuh-tumbuhan. Permohonannya melalui suatu persembahan yadnya yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT