09 May 2022, 15:00 WIB

Kota Solo Dilanda Banjir, Gibran Salahkan Drainase


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
WALI Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka

WALI Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengakui perlunya perbaikan sistem drainase di Kota Solo. Hal itu menanggapi genangan yang melanda di hampir semua ruas jalan raya maupun jalan di perkampungan Kota Solo.

"Ya hujan deras berdampak banjir atau genangan air tinggi di banyak wilayah. Kampung saya sendiri juga banjir, meski susutnya juga cepat," ungkap putra sulung Presiden Jokowi itu kepada wartawan di Balaikota Solo, Senin (9/5).

Menurut dia, disamping daya tampung drainase yang tidak memadai saat hujan deras yang berlangsung lama, maka sampah juga turut memperparah bencana banjir.

Karena itu, ia telah memerintahkan dinas terkait untuk melalukan pengecekan menyeluruh atas drainase perkotaan dan juga pembersihan sampah yang menutup akses air masuk ke saluran.

"Saya juga akan mengecek langsung kondisi drainase. Surat nota dinas juga sudah turun, sehingga tinggal pelaksanaan dan evalusi serta rencaba tindakan program yang akan dirancang dan menjadi keputusan," ujar Gibran.

Pada banjir sepanjang Minggu sore hingga malam, banyak mobil dan sepeda motor mogok, karena tingginya air genangan. Seperti jalan protokol Slamet Royadi, persianya depan Sriwedsri hingga kantor BTN, genangan hampir satu meter. Dan itu terjadi di hampir semua wilayah, terutama wilayah timur dan selatan.

Selain banjir, ada juga sejinlah kampung yang terdampak puting beliung dan longsor di wilayah bantaran Nusukan, Banjarsari. Terkait itu logistik kebencanaan sudah dibagikan.

"Semua, dari mulai camat hingga OPD terkait sudah saya perintahkannbergerak. Nota dinas sudah turun, jadi tinggal eksekusi di lapangan," tegas Gibran. (OL-13)

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Operasi Yustisi Besar Besaran

BERITA TERKAIT