09 May 2022, 11:40 WIB

Libur Lebaran Usai Rekayasa Lalu Lintas di Tol Ditiadakan


Mohamad Farhan Zhuhri | Nusantara

dok.Ant
 dok.Ant
Sejumlah kendaraan berputar balik menuju Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) saat pemberlakuan sistem "one way" pada arus balik Lebaran di To

MASA libur lebaran idul fitri teah usai, pun berkenaan rekayasa lalu lintas Arus mudik dan balik juga tidak diberlakukan di sepanjang jalan tol Jakarta menuju Jawa Tengah.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo telah mengembalikan fungsi jalan dari Arah Cikampek menuju Jakarta yang sebelumnya juga digunakan untuk One Way maupun contra Flow pada arus balik lebaran.

"Saat ini seluruh rekayasa lalulintas, baik one way maupun contra flow telah diakhiri dan lalu lintas berjalan normal dari Jakarta ke Cikampek, dan cikampek ke Jakarta," ujarnya kepada Wartawan, Senin (9/5).

Lebih lanjut Sambodo mengatakan, Jakarta pada hari ini akan kembali diterapkan sistem ganjil genap di beberapa ruas jalan arteri.

"Bersamaan dengan berakhirmya libur bersama nasional, gage dalam kota mulai berlaku seperti biasa," ungkapnya.

Berkahirnya rekayasa lain tersebut berdasarkan surat keputusan bersama pelaksanaan rekayasa lalu lintas oneway pada arus mudik dan balik Lebaran 2022.

Kedua, Analisa dan evaluasi dari hasil pengamatan melalui peta digital dan cctv serta laporan dari anggota dilapangan bahwa arus lalin telah berkurang dan pada posisi normal harian.

Ketiga. Jumlah kendaraan yang melintas pada ruas jalan tol pada masing masing penggal telah menunjukkan hasil untuk tidak dilakukan kegiatan rekayasa lalin oneway.

"Bahwa dengan berkurangnya kendaraan yang melintas maka akan menambah kecepatan yang dimungkinkan akan terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas korban," paparnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan rekayasa lalin oneway Lebaran 2022 dinyatakan selesai pada tanggal 9 Mei 2022 pukul 00.30 wib.

Selanjutnya pada pkl 00.30 wib sd 02.30 wib telah dilaksanakan proses normalisasi yang akan memastikan jalur dan rest area dalam keadaan aman.

"Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerja sama dsri seluruh pihak, dan juga dari masyarakat sehingga pengamanan arus mudik dan arus balik ini bisa berjalan dengan lancar dan baik," pungkas Sambodo. (OL-13)

Baca Juga: Jadwal KRL Yogyakarta-Solo Normal Lagi, 24 Perjalanan per hari

BERITA TERKAIT