08 May 2022, 13:45 WIB

Sanksi Menanti ASN Cianjur yang Mangkir Kerja Usai Lebaran


Benny Bastiandy | Nusantara

MI/Benny Bastiandy
 MI/Benny Bastiandy
Bupati Cianjur, Herman Suherman

KALANGAN aparatur sipil negara (ASN) mulai kembali masuk kerja usai cuti dan libur Idulfitri 1443 Hijriyah pada Senin (9/5). Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) setempat akan memantau absensi ASN secara elektronik maupun manual.

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Cianjur, Heri Farid, menegaskan tidak ada alasan bagi ASN mangkir kerja usai cuti dan libur Idulfitri 1443 Hijriyah. Pasalnya, pemerintah memberikan waktu cuti dan libur cukup panjang selama Lebaran.

"Kalangan ASN itu sudah mulai cuti sejak 29 April. Cukup lama juga cutiditam bah libur. Jadi mereka mulai masuk kerja pada 9 Mei 2022," kata Heri, Minggu (8/5).

Bentuk pemantauan absensi ASN, kata Heri, dilakukan secara elektronik menggunakan face print. Namun akan diagendakan juga pemantauan absensi ASN melalui sidak saat kembali masuk kerja.  "Kami akan berkoordinasi dengan Inspektorat melakukan sidak ke setiap perangkat daerah," tegasnya.

Cuti dan libur Idulfitri 1443 Hijriyah bagi kalangan ASN di Kabupaten Cianjur merujuk Surat Edaran Bupati Cianjur Nomor 058/2905/Org tertanggal 13 April 2022 yang merupakan turun Surat Edaran Menteri PAN-RB.  "Kami harapkan semua ASN bisa kembali masuk kerja sesuai jadwal," pungkasnya.

Sementara itu, kalangan ASN yang bekerja di sektor esensial disiagakan membantu pengamanan selama arus mudik dan balik Idulfitri 1443 Hijriyah. Mereka diharapkan bisa melayani masyarakat, terutama yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

"Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran puskesmas yang sudah siaga selama Lebaran. Selain itu, keberadaan tenaga kesehatan di puskesmas juga untuk memastikan kondisi kesehatan warga Cianjur yang melaksanakan mudik tidak terpapar covid-19," kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, saat mengecek sejumlah puskesmas di jalur-jalur mudik, belum lama ini. (OL-13)

Baca Juga: Mudik Lebaran: Pecah Rekor, Arus Balik ke Jabodetabek Naik 159%

 

 

BERITA TERKAIT