06 May 2022, 21:10 WIB

Okupansi Hotel Berbintang di DIY Hampir 100%


Ardi Teristi | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Pantai Parangtritis, Bantul, DIY, dipadati pengunjung saat libur lebaran 2022.  

PEMUDIK dan wisatawan yang datang ke Daerah Istimewa Yogyakarta membeludak dalam masa libur Lebaran 2022. Wisatawan yang tidak membooking penginapan jauh-jauh hari, kesulitan mencari kamar hotel ketika sampai di Yogyakarta.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy  Pranowo Eryono menyantakan, jumlah wisatawan yang menginap di DIY selama libur lebaran ini melebihi ekspektasi. "Rata-rata hunian untuk hotel bintang sudah sampai hampir 100 persen, tepatnya 90,2%, sedangkan nonbintang 80,8%," kata dia, Jumat (6/5).

Keterisian kamar merata di semua hotel-hotel di DIY. Namun, masyarakat mayoritas masih mencari hotel yang lokasinya berada di pusat kota atau
dekat dengan Malioboro. Kondisi saat ini diakuinya melebihi ekspektasi sebelumnya. PHRI DIY awalnya memperkirakan okupansi hotel di DIY hanya berkisar 80 persen.

"Ini menunjukkan, DIY masih menjadi tujuan wisata favorit. Situasi ini merupakan nafas yang melegakan kita karena dua tahun ini nafas kita tersengal-sengal karena pandemi," kata dia.

Ia mengatakan, lama tinggal wisatawan di DIY rata-rata masih 1,8 hari. Menurut dia, lama tinggal itu masih bisa ditingkatkan lagi hingga dua hari.

Ia menyebut, hotel-hotel anggota PHRI sudah mempersiapkan diri jauh hari sebelum libur lebaran. Walau penularan Covid-19 sudah jauh menurun, ia  tetap mengingatkan kepada anggotanya untuk mematuhi prokes.

Saat ini, DIY sudah masuk dalam PPKM level II. Artinya, pihak hotel bisa mengoperasikan kamar hingga 90 persen. Total kamar hotel di DIY, yang termasuk anggota PHRI, mencapai 25 ribuan kamar. (OL-15)

BERITA TERKAIT