05 May 2022, 20:40 WIB

Banyumas Siapkan 5 Jalur Alternatif untuk Arus Balik Lebaran


Lilik Darmawan | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

PEMKAB Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengatasi kemungkinan kemacetan di jalur utama pada masa arus balik Lebaran. Setidaknya ada lima jalur alternatif yang disiapkan.

Lima jalur itu adalah Ajibarang Lesmana hingga Jatilawang. Jalur ini untuk mengatasi kemacetan  di jalur utama Ajibarang atau Jatilawang. Kemudian Lumbir-Ajibarang yang melewati Kedunggede, Dermaji, Paningkaban, Darmakradenan dan Karang bawang di Ajibarang.

"Jalur ini sebagai alternatif jalur utama Ajibarang-Lumbir yang lewat Wangon," jelas Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Agus Nur Hadie, Kamis (5/5).

Dijelaskan Agus, jalur alternatif lainnya adalah Somagede-Kemranjen untuk mengatasi kemacetan di jalur Banyumas-Buntu. Jalur tersebut melewati simpang empat Pasar Sokawera, Alasmalang hingga simpang empat Pasar Wijahan, Kemranjen.

"Kemudian ada jalur alternatif untuk mengatasi kemacetan di jalur Pekuncen-Ajibarang yakni jalan dari Jatisari, Pekuncen hingga jalan raya Cilongok," ujarnya.

Jalur alternatif kelima adalah Notog-Cilongok, untuk menghindari kemacetan di Patikraja. Jalur tersebut adalah Notog, Karangendep, Jatisaba, Cilongok.

Menurut Agus, pihaknya juga telah memetakan 10 titik rawan kemacetan, baik pada saat arus balik maupun pada libur Lebaran. "Untuk yang rawan kemacetan ketika arus balik adalah simpang tiga SPBU Ajibarang, Pasar Karanglewas, Wangon-Lumbir, perlintasan sebidang KA di Rawalo, simpang tiga Patikraja, simpang tiga Kaliori, ruas Jl Sokaraja dan Sumpiuh-Kemranjen. Sedangkan rawan kemacetan saat libur Lebaran adalah di tempat-tempat wisata," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT