05 May 2022, 16:25 WIB

Okupansi Hotel di Babel Hampir 80% Saat Libur Lebaran


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Wisatawan mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi di Bangka Belitung.

TINGKAT hunian kamar atau okupansi hotel saat libur Lebaran di Bangka Belitung (Babel) lebih tinggi dibandingkan perayaan Cheng Beng beberapa waktu lalu.

Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bangka Belitung Wendo mengatakan okupansi hotel saat Cheng Beng sekitar 60%. Namun, pada Lebaran hari ketiga, tingkat okupansi hotel hampir 80%.

"Saat Cheng Beng pada awal April, itu sekitar 60%. Pada Ramadan, ketika puasa, turun jadi 3-40%. Lalu, ketika Lebaran hari ketiga sudah 80%," ujar Wendo, Kamis (5/5).

Baca juga: PHRI: Okupansi Hotel dan Restoran Kembali Naik

Menurutnya, okupansi hotel pada hari pertama dan kedua Lebaran belum mengalami kenaikan signifikan, seperti Lebaran hari ketiga.

"Lebaran pertama dan kedua itu baru 50%, tapi pada Rabu kemarin atau Lebaran ketiga naik jadi 80%," imbuhnya.

Saat periode Ramadan, banyak event atau kegiatan yang belum berjalan. Namun, pada saat perayaan Idulfitri, banyak pendatang yang masuk ke Bangka Belitung.

"Mereka membawa mobil sendiri, bertemu sanak saudara dan liburan. Begitu pula masyarakat dari Bangka Barat, Bangka Selatan, pada hari ketiga Lebaran sudah banyak main ke pantai dan ke kota," jelas Wendo.

Baca juga: Puluhan Rumah di Bangka Rusak akibat Puting Beliung

Kondisi ini diperkirakan berlangsung hingga akhir pekan besok. Pihaknya mengakui bahwa tingkat hunian kamar hotel agak sepi, namun restoran cenderung ramai.

Selanjutnya, pihaknya memprediksikan okupansi hotel akan kembali meningkat pada pekan kedua Mei. Untuk mengantisipasi penyebaran covid-19, pihak perhotelan siap melakukan vaksinasi booster terhadap pegawai.

"Tetap imbauan kita protokol kesehatan. Hampir seluruh pegawai hotel itu sudah vaksin kedua. Kita lagi sosialisasi untuk boster kepada para pegawai hotel," tutupnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT