04 May 2022, 22:50 WIB

Arus Balik Lebaran Dari Stasiun Kereta Api Di Cirebon Mulai Terjadi


Nurul Hidayah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

JUMLAH penumpang yang naik dari stasiun-stasiun kereta api di Daop 3 Cirebon, Jawa Barat pada hari ketiga lebaran tahun ini, Rabu (4/5) mengalami peningkatan signifikan. Sedangkan penumpang yang turun atau mudik mulai mengalami penurunan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, jumlah penumpang yang naik dari sejumlah stasiun di Cirebon dengan tujuan Jakarta dan Bandung, Rabu (4/5) mencapai 6.974  orang. "Ini merupakan arus balik  penumpang kereta api," tutur Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Suprapto.

Sekalipun arus balik sudah menunjukkan peningkatan menurut Suprapto arus mudik juga masih terlihat namun dengan jumlah penumpang yang terus menurun. Untuk penumpang yang turun di sejumlah stasiun di Cirebon yang merupakan bagian dari arus mudik hari ini mencapai 5.701 orang. "Puncak kedatangan sudah terlewati, yaitu pada Sabtu (30/4) dengan sebanyak 7.577 penumpang," tutur Suprapto.

Menghadapi arus balik, PT KAI Daop 3 Cirebon telah mengoperasikan kereta api tambahan. Diantaranya enam kereta api menuju Jakarta yaitu KA Argo Cheribon dan 2 KA menuju Bandung yaitu KA Harina dan KA Ciremai. "Total perjalanan KA yang beroperasi di masa arus balik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon ada 115," tutur Suprapto.

Diprediksi puncak arus balik penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon menurut Suprapto akan terjadi Kamis (5/5) dengan jumlah penumpang mencapai 7.658 penumpang. "Total rata-rata okupansi KA ke arah barat selama masa lebaran 2022 mencapai 72 persen," tutur Suprapto. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT