04 May 2022, 05:45 WIB

Libur Lebaran, Istana Maimun Ramai Dikunjungi Warga


Basuki Eka Purnama | Nusantara

ANTARA/Aditya Pradana Putra
 ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah wisatawan berkunjung ke Istana Maimun di Kota Medan, Sumatra Utara.

ISTANA Maimun, istana Kesultanan Deli di Jalan Brigjen Katamso, Kota Medan, Sumatra Utara, ramai dikunjungi warga tidak hanya yang berasal di daerah itu, tapi juga dari Pulau Jawa pada momen libur Lebaran tahun ini.

"Saya datang kemari ingin melihat seperti apa Istana Maimun itu, dan peninggalan Kesultanan Deli di Medan," ungkap Fauziah, pengunjung Istana Maimun asal Bandung, Jawa Barat di Medan, Selasa (3/5).

Selama ini, lanjut dia, dirinya cuma tahu dari cerita sejarah kerajaan-kerajaan di Sumatra, baik dari buku maupun internet tentang istana yang didominasi warna kuning dengan dua lantai tersebut.

Baca juga: Jika Pengunjung Melebihi Kapasitas, Kota Tua Ditutup Sementara

Istana ini sangat kental dengan corak Melayu dengan bentuk bangunan memadukan gaya arsitektur Eropa dan Persia di atas tanah 2.772 meter per segi dan bangunan 772 meter per segi.

Istana Maimun ini dibangun pada zaman Kesultanan Deli Sultan Ma'moen Al Rasyid pada 1888 dan selesai pembangunan 1891 sebagai pengganti istana Kesultanan Deli di Medan Labuhan.

"Ruang utama lantai dua, kita mendapati singasana sultan yang sekarang menjadi tempat upacara adat dilengkapi foto-foto dan barang bersejarah," kata Fauziah, yang berkunjung bersama keluarganya.

Tengku Hamsah, juru pelihara Istana Maimun mengatakan istana yang merupakan ikon Kota Medan ini beroperasi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB setiap hari.

Warga yang tiba di kompleks istana akan dikutip biaya parkir kendaraan yang telah disediakan untuk sepeda motor sebesar Rp2.000 dan mobil seharga Rp5.000.

"Bagi pengunjung yang ingin berwisata, silakan datang cuma bayar Rp10.000 per orang. Ini untuk perawatan kita, karena istana ini masih dikelola keluarga," tutur Hamsah, yang juga juru kunci Istana Maimun selama 40 tahun terakhir. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT