03 May 2022, 17:09 WIB

Pasar Mebel; Gilingan Dilalap Si Jago Merah


Widjajadi | Nusantara

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Kebakaran di Pasar Mebel Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (3/5). 

PASAR Mebel Gilingan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Selasa (3/5) diamuk si jago merah. Kebakaran menghanguskan puluhan kios pembuatan produk mebel lemari, kursi, kusen pintu, dan lainnya.

Sidik Budi Santosa, 55, pemilik kios di pasar yang sudah berdiri sejak 1970-an sangat terkejut dengan munculnya api yang cepat membesar dan melalap kios kios dari kayu itu. "Saya nggak tahu asal api. Saat itu sedang duduk duduk, lalu terdengar teriakan kobongan kobongan (kebakaran-kebakaran )," kata pemilik dua kios tersebut.

Saat kebakaran terjadi, kios-kios tutup karena libur lebaran. Hanya sedikit barang produksi mebel yang ditinggalkan di kios. "Namun belum tahu berapa kerugian yang diderira teman teman," imbuh dia.

Enam mobil unit kebakaran yang didatangkan secara cepat, tidak sepenuhnya mampu meredam amukan si jago merah pada siang yang sangat terik itu. Hampir seluruh kios hangus luluh lantak ditelan api. Saat ini kepolisian masih menyelidiki asal muli api yang menyulut kebakaran.
 
Pasar mebel Gilingan saat ini memang menunggu waktu untuk dirobohkan Pemkot Surakarta. Sebabnya, Wali Kota Gibran Rakabuming Raka sudah berkoordinasi dengan Kementerian Industri, untuk menyulap Pasar Mebel Gilingan sebagai sentra Industri Kecil Menengah (IKM) yang representatif.

Pagu anggaran sebesar Rp50,8 miliar sudah disiapkan Kemenperin untuk merehab Pasar Mebel Gilingan yang menempati lahan 5700 m2 menjadi bangunan lantai tiga lengkap dengan ruang pamer dan tempat bongkar muat mebel. Nantinya hanya 20 pedagang yang sudah lolos seleksi, yang boleh menempati sentra IKM baru di Gilingan itu. Sementara puluhan lain yang tidak lolos harus menepi di bekas bong Mojo, Kentingan, yang akan dibangun sebagai pasar dengan biaya dari APBD. (OL-15)

BERITA TERKAIT