02 May 2022, 13:10 WIB

Bandara Ngurah Rai Hadirkan Layanan Akses Internet 5G


Arnoldus Dhae | Nusantara

MI/ Arnoldus Dhae
 MI/ Arnoldus Dhae
Terminal Keberangkata Bandara Ngurai Rai, Denpasar.

PT Angkasa Pura I menghadirkan layanan akses internet 5G di salah satu bandara kelolaannya, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan penumpang, yaitu di layanan data atau akses internet berkecepatan tinggi. 

Angkasa Pura I bekerja sama dengan perusahaan operator telekomunikasi seluler Telkomsel dengan menghadirkan layanan internet berkecepatan hingga 250-300 Mbps. Layanan 5G di Bandara I Gusti Ngurah Rai ini dapat dinikmati oleh pengguna jasa yang memiliki perangkat gadget dan kartu SIM yang telah mendukung layanan 5G.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, dalam momen arus mudik di mana pergerakan penumpang harian di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang cukup tinggi, pihaknya bekerja sama dengan Telkomsel menghadirkan peningkatan layanan bagi pengguna jasa bandara, yaitu dengan menyediakan layanan akses internet 5G.

"Teknologi ini memiliki kecepatan akses yang jauh lebih cepat dari teknologi sebelumnya, antara lain 4G, sehingga dapat memberikan peningkatan layanan bagi pengguna jasa yang sedang membutuhkan layanan akses internet yang cepat saat di bandara. Kami berharap inovasi ini dapat meningkatkan passenger experience saat berada di bandara," ujarnya.

Layanan akses internet 5G mulai hadir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali per 29 April 2022, serta pada saat ini dapat dinikmati di area Gate 3 dan Gate 4 Terminal Keberangkatan Domestik dan area Terminal Kedatangan Domestik.

Pada saat dilakukan tes kecepatan akses internet, kecepatan jaringan 5G di area gate keberangkatan terminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai tercatat mencapai kecepatan download hingga 140 Mbps dan kecepatan upload hingga 90,6 Mbps. "Ke depannya kami akan terus mengevaluasi layanan ini, serta diharapkan dapat diterapkan lebih luas lagi, baik itu di secara coverage area di Bandara I Gusti Ngurah Rai, maupun di bandara lain yang lokasinya telah mendukung layanan 5G. Tentunya, kami bersama Telkomsel telah mengikuti aturan yang berlaku, utamanya dalam standar keamanan data," tutur Faik Fahmi. (OL/OL-10)

BERITA TERKAIT